2021 Ekonomi Digital Tumbuh Paling Tinggi, Kuncinya Ciptakan Inovasi

- Ekobis
  • Bagikan
Gerbang Tol Pamulang jalan tol Serpong Cinere di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten.

“Pandemi telah mengubah pola hidup masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Walaupun sudah ada vaksin, pada akhirnya telah mengedukasi masyarakat untuk berdaptasi pada perkembangan teknologi. Hal ini akan menjadi kebiasaan baru bagi masyarakat,” imbuhnya.

Latunreng menjelaskan, usaha yang berpotensi berpeluang besar kembali tumbuh pada 2021 adalah sektor informasi dan komunikasi. Lalu, sektor kesehatan dan kegiatan sosial, pertanian, dan jasa pendidikan.

Sektor lainnya yang juga berangsur membaik adalah sektor industri pengolahan, pengadaan listrik dan gas, transportasi dan pergudangan, konstruksi, perdagangan besar dan eceran, hingga penyediaan akomodasi serta makanan dan minuman.

Ciptakan Inovasi

Wakil Ketua Harian Dekranasda Sulsel, Andi Oci Alepuddin mengajak, para UMKM tetap semangat, optimistis, dan terus berinovasi. Sebab, tidak sedikit UMKM yang menyerah, karena tidak beradaptasi dengan kemajuan teknologi saat ini.

“Kebanyakan UMKM kita cenderung menjiplak produk orang. Boleh kita meniru, tetapi sebatas dijadikan referensi untuk kemudian menciptakan inovasi lainnya. Coba buat produk yang berbeda, yang menjadi daya tarik konsumen,” sarannya.

Andi Oci menambahkan, produk yang dibuat juga mesti melihat pasarnya. Paling bagus jika produk itu dibutuhkan konsumen. “Itu bisa dilihat dengan melakukan browsing (berselancar, red) di internet atau media sosial,” paparnya.

Kepala Dinas Koperasi UKM Sulsel, Malik Faisal optimistis tahun 2021 menjadi momentum kebangkitan UMKM. Menurutnya, saat ini UMKM menjadi salah satu pendorong utama pemulihan ekonomi sehingga makin didukung di tahun 2021.

Nah, pada 2021 ini, Malik menjelaskan, Pemprov Sulsel akan terus memberikan pendampingan, pelatihan, dan konsultasi kepada pelaku UMKM. Harapannya agar pengembangan ekonomi pada sektor ini bisa terus berkelanjutan.

Pemprov Sulsel juga akan memberdayakan UMKM dengan memberi fasilitas dan apresiasi bagi UMKM yang menunjukkan prestasi. Di antaranya sertifikasi halal, sertifikasi PIRT, dan hak merek.

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan