Nasi Panas Memang Maknyus, Tapi Katanya Berisiko Bagi Kesehatan, Benarkah?

- Kesehatan
  • Bagikan

HERALD.ID, JAKARTA — Nasi putih panas memang maknyus. Tapi ada beberapa pendapat yang menyebut nasi panas justru bisa memperparah penyakit diabetes karena memiliki indeks glikemik tinggi. Mitos atau fakta?

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari RS Metropolitan Medical Center, Jakarta, Raissa Edwina Djuanda menjelaskan nasi yang dihangatkan terlalu lama atau lebih dari 12 jam di rice cooker belum bisa dikatakan berbahaya bagi kesehatan.

Termasuk yang katanya dapat menyebabkan kanker. Sejauh ini, terang Dr. Raissa, belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan anggapan tersebut.

“Sampai saat ini belum ada penelitian yang mengatakan nasi dipanaskan terlalu lama menyebabkan kanker,” terang dr. Raissa belum lama ini.

Meski belum ada penelitian yang menyebut terkait resiko kesehatannya, Raissa menyarankan jika ada sisa nasi di meja makan, sebaiknya jangan ditinggal atau dipanaskan terlalu lama di rice cooker/magic com.

“Kalau nasi sisa, sebaiknya jangan ditinggal di dalam rice cooker. Sebaiknya masukkan ke wadah tertutup, masukkan kulkas dan boleh dipanaskan lagi maksimum satu kali saja,” jelasnya.

Untuk menghindari nasi terlalu lama dipanaskan di rice cooker, masaklah nasi dengan takaran secukupnya sesuai kebutuhan konsumsi kita pada hari itu agar kualitas nasi tetap terjaga dan gizinya tidak hilang.

Dr. Raissa kembali menjelaskan, ada kaitan erat antara penyakit diabetes dan nasi yang terus menerus dipanaskan.

Silahkan kirim ke email: redaksi@herald.id.
Stay connect With Us :
  • Bagikan