69 Tahun Kalla Group, dari Usaha Tekstil Kini Raksasa di Indonesia Timur

- Ekobis
  • Bagikan

HERALD.ID, MAKASSAR– Tahun ini, Kalla Group genap berusia 69 tahun.  Grup Kalla merupakan grup bisnis besar di kawasan Indonesia Timur.

Salah satu anggota keluarga Kalla yang cukup populer adalah Jusuf Kalla, pengusaha nasional sekaligus mantan wakil presiden di dua periode presiden yang berbeda, yakni era Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Joko Wododo (Jokowi).

Perusahaan Keluarga Kalla merambah berbagai sektor. Konglomerasi bisnis Grup Kalla bermula dari usaha perdagangan yang dirintis Hadji Kalla, saudagar komoditas yang sukses asal Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Tak banyak yang tahu, perusahaan ini berawal dari usaha tekstil di kota Watampone, Sulawesi Selatan.

Usaha ini digarap oleh Haji kalla dan Hajjah Athirah Kalla yang tidak lain adalah orang tua dari Jusuf Kalla.

Sukses di kota terbesar keempat di Sulawesi Selatan, Haji Kalla merambah berdagang ke Makassar pada 18 Oktober 1952.

Bisnisnya terus berkembang, lima tahun kemudian merambah bisnis transportasi dan membeli mobil truk internasional untuk mengangkut hasil bumi dari Bone ke Makassar.

Selain itu, mengoperasikan mobil penumpang jenis station wagon yang melayani trayek Makassar-Bone, dan diberi nama Cahaya Bone. Selanjutnya memberanikan diri mendirikan NV (Namlozee Venonchap) Hadji Kalla Trading Company, yang fokus menekuni bidang perdagangan dan logistik.

Silahkan kirim ke email: redaksi@herald.id.
Stay connect With Us :
  • Bagikan