Mendadak Viral, Kisah Anak Penjual Ikan di Makassar yang Juara Kompetisi Sains Nasional

- HeraldNews, Inspiring
  • Bagikan
Amrullah Nur Robby (kanan) saat mengikuti kompetisi sains. (Foto: IST)

HERALD.ID, MAKASSAR — Amru pernah marah dan menangis. Bocah kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah (MI) itu telat bangun pagi. Akhirnya, ketinggalan salat subuh di masjid.

Sejak saat itu, kedua orang tuanya, selalu membangunkannya sebelum subuh. Kini, Amru bahkan tidak perlu lagi dibangunkan untuk salat subuh. Dia tidak pernah absen salat berjemaah di masjid, lima waktu.

Amru adalah sapaan akrab Amrullah Nur Robby. Dia baru saja meraih medali perak pada kompetisi sains madrasah tingkat nasional.

Amrullah Nur Robby kini dielu-elukan di sekolahnya. Murid kelas 6 Madrasah Ibtidaiyah Al Bashirah, Manggala, Makassar ini bikin bangga. Tak hanya keluarga, sekolah, dan teman-temannya.

Amru, sapaan akrabnya, baru saja mengharumkan nama Provinsi Sulawesi Selatan di tingkat nasional. Putra ketiga dari pasangan Mukhlasin dan Siti Khotimah ini meraih medali perak pada kompetisi sains madrasah tingkat nasional.

Bocah penurut ini melewati perjuangan panjang. Amru yang cukup menonjol dalam pelajaran matematika awalnya mengikuti les di sekolah. Pihak sekolah menawarkan murid kelas 4 hingga kelas 6 untuk ikut les matematika.

“Seiring berjalannya waktu, ada pengumuman tentang lomba KSM (Kompetisi Sains Madrasah) matematika. Guru les matematikanya dalam hal ini Ustaz Ashabul Kahfi menyeleksi anak-anak yang bisa ikut,” jelas Andi Asdar, kepala MI Al Bashirah.

“Kriterianya, pintar dan mempunyai jiwa lomba. Ustaz Ashabul Kahfi mempercayakan Amru untuk ikut lomba mewakili sekolah,” lanjut Andi Asdar.

Hasilnya tidak mengecewakan. Pada tingkat Kota Makassar, Amru sukses menjadi juara 3. Peringkat itu membuatnya berhak ikut kompetisi pada jenjang lebih tinggi, tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

Silahkan kirim ke email: redaksi@herald.id.
Stay connect With Us :
  • Bagikan