Peringatan NASA: Asteroid Setinggi Menara Eiffel Sedang Menuju Bumi

- HeraldNews, Internasional
  • Bagikan
Asteroid Nereus

HERALD.ID, USA – NASA memperingatkan, sebuah asteroid setinggi Menara Eiffel, akan menuju Bumi pada Desember. Untungnya, tidak akan menimbulkan ancaman bagi umat manusia.

Seukuran hampir tiga kali lipat lapangan sepak bola, asteroid bernama 4660 Nereus diklasifikasikan sebagai ‘Potentially Hazardous Asteroid’ (PHA). Demikian dilansir dari Mirror yang mengutip laporan Daily Record.

Pemantau asteroid NASA memperkirakan, asteroid tersebut akan mendekati Bumi pada 11 Desember. Dampak dari asteroid, bisa sangat menghancurkan. Tetapi untungnya, itu tidak menimbulkan ancaman bagi planet ini.

Asteroid itu akan terbang melewati planet ini pada jarak 3,9 juta kilometer – jarak yang lebih besar dari 10 kali jarak antara Bumi dan bulan.

Menurut Space Reference, Nereus memiliki panjang 330 meter, yang membuatnya lebih besar dari kebanyakan asteroid, tetapi kecil dibandingkan dengan asteroid kategori besar.

Asteroid itu mengorbit di matahari setiap 664 hari. Meskipun diprediksi tidak akan mendekati Bumi lagi hingga 2 Maret 2031 dan kemudian November 2050.

Pendekatan terdekatnya tidak akan terjadi selama 40 tahun lagi pada Februari 2060.

Silahkan kirim ke email: redaksi@herald.id.
Stay connect With Us :
  • Bagikan