Untuk Dapat Maaf Pemuda Pancasila, Junimart Diminta Cium Tangan Japto

- News
  • Bagikan
Ketua Umum PP, Japto Soerjosoemarsono

HERALD.ID, JAKARTA – Junimart Girsang bikin geram Pemuda Pancasila. Anggota DPR RI dari Fraksi PDIP itu, meminta Kemendagri mulai mengingatkan kedua ormas yang terlibat bentrokan di Ciledug, Tangerang, yaitu PP dan Forum Betawi Rempug (FBR). Sebab, menurut dia, kedua ormas itu kerap meresahkan masyarakat dengan bentrokan di jalanan.

Dia meminta pemerintah tegas mengambil sikap, dengan tidak memperpanjang izin kedua ormas itu jika masih menimbulkan keresahan.

“Apabila masih tetap menimbulkan keresahan di masyarakat, tentu Kemendagri bisa mencabut izin dari ormas itu atau tidak memperpanjang perizinannya. Ini sudah pernah dilakukan oleh Kemendagri dengan tidak memperpanjang izin ormas FPI, dll. Pemerintah harus tegas apalagi di masa pandemi ini kita fokus terhadap pencegahan, penyebaran virus Covid-19 dan pemulihan ekonomi,” ungkapnya.

Pernyataan Junimart itu menadapat reaksi keras dari Pemuda Pancasila. Ormas berbaju loreng hitam oranye itu, lantas mendatangi DPR RI, mendemo politikus PDIP itu pada Kamis, 25 November 2021. Mereka menuntut Junimart meminta maaf. Aksi itu diwarnai pemukulan seorang personel kepolisian, AKBP Dermawan. Ada 13 anggota Pemuda Pancasila diamankan.

Pada hari demo berlangsung, Junimart Girsang meminta maaf kepada Pemuda Pancasila. “Saya sudah sampaikan permintaan maaf via media yang sama. Saya kira tidak perlu berpolemik lagi,” kata Junimart.

Junimart menyebut hanya menyampaikan kritik membangun terhadap Pemuda Pancasila. Dia pun telah meminta maaf atas kritik tersebut.

“Apabila saya dipersalahkan karena kritikal membangun itu, sebagai anak bangsa yang menjunjung tinggi asas perdamaian dan Pancasila, saya sudah sampaikan permintaan maaf,” ujarnya.

Telanjur geram, Pemuda Pancasila yang awalnya hanya meminta Junimart meminta maaf secara terbuka, akhirnya berubah pikiran. Mereka akan memaafkan anggota Komisi II DPR RI itu, jika dia mencium tangan Ketua Umum Pemuda Pancasila, Japto.

“Kami meminta layaknya Junimart datang langsung ke Sekretariat MPN untuk sekalian bersilaturahmi bersama keluarga ormas Pemuda Pancasila dan menghadap ketua kami, yakni Bapak Japto Soerjosoemarno, untuk langsung meminta maaf,” kata Ketua Umum Satuan Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila, Teuku Aulia Arief.

Junimart dituntut menemui para tokoh Pemuda Pancasila dan mencium tangan Japto.

Redaksi Herald.id menerima naskah laporan netizen (jurnalisme warga). Silahkan kirim ke email: redaksi@herald.id atau Telegram kami: +62 858-2512-3465.
Stay connect With Us :
  • Bagikan