Viral! Viktor Laiskodat ke Ketua Adat, “Monyet Kau”

- Peristiwa
  • Bagikan
Cupture Layar/Dialog Gubernur NTT Viktor Laiskodat dengan warga.

Herald.id, Kupang – Sebuah video yang menampilkan perdebatan antara Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat dengan Ketua Adat Marapu, Sumba, Umbu Maramba Hawu viral di media sosial. D

Debat itu terkait masalah tanah. Dalam video, Viktor sempat mengancam dan melontarkan hinaan kepada Umbu.

Dalam video tersebut tampak Viktor dan rombongannya duduk di kursi. Di depan rombongan itu, duduk juga Umbu Maramba.

Awalnya, Umbu Maramba mengatakan pemerintah harus menghargai Tanah Ulayat. Menurutnya, seorang gubernur tidak boleh memberikan tanah tersebut ke pihak lain karena itu sudah sejalan dengan peraturan.

“Saya tidak melawan pemerintah, tidak melawan gubernur karena itu sudah aturannya. Tetapi, kita sebagai manusia yang tahu, berarti kita harus menghargai hak Ulayat. Kita harus menghargai karena ini sudah ada di dalam aturan, itu saja,” tutur Umbu dalam video, dikutip Kamis (2/12/2021).

“Tetapi kalau Pak Gubernur kasar-kasar begini, eh saya juga tidak mau lari, mati na mati. Saya punya keluarga juga banyak, mereka mau mati juga gara-gara ini tanah,” katanya.

Viktor pun kemudian membantah pernyataan Umbu tersebut. Menurut Viktor, pihaknya datang untuk mengurus tanah bukan untuk menembak.

“Siapa yang mau kasih mati? Saya datang di sini bukan untuk kasih mati lu. Saya datang di sini untuk urus kalian punya hidup. Makanya saya mau urus ini tanah. Kau mengerti atau tidak?” kata Viktor.

Silahkan kirim ke email: redaksi@herald.id.
Stay connect With Us :
  • Bagikan