Begini Asal Mula Hari Ibu Diperingati Setiap Tanggal 22 Desember

- Lifestyle
  • Bagikan
Hari Ibu diperingati setiap tanggal 22 Desember.

HERALD.ID — Hari Ibu jatuh pada tanggal 22 Desember setiap tahunnya. Hari ini, tepat rasanya jika Anda bisa merayakan bersama orangtua tercinta.

Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya.

Peringatan dan perayaan biasanya dilakukan dengan membebastugaskan perempuan dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya.

Di Indonesia, hari ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional. Sementara di Amerika dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hong Kong, Hari Ibu atau Mother’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei.

Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day diperingati setiap tanggal 8 Maret.

Sejarah Hari Ibu

Hari ibu di Amerika Serikat dirayakan pertama kali pada tahun 1908, ketika Anna Jarvis mengadakan peringatan atas kematian ibunya di Grafton, West Virginia, seperti dikutip dari wikipedia, Jakarta, Rabu, (22/12/2021).

Pada tahun 1908, Kongres Amerika Serikat menolak proposal untuk menjadikan sebagai hari libur nasional. Pada tahun 1911, seluruh negara bagian di Amerika Serikat menjadikan Hari Ibu sebagai hari libur. Pada tahun 1914, Woodrow Wilson menandatangani deklarasi untuk menjadikan Hari Ibu sebagai hari libur nasional.

Silahkan kirim ke email: redaksi@herald.id.
Stay connect With Us :
  • Bagikan