Prabowo Dipepet Ganjar dan Anies, Hasil Survei Nasional Capres Terbaru CIR dan Datasight Indonesia

- Politik
  • Bagikan
Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

HERALD.ID, JAKARTA—Berdasarkan hasil survey CIR dan Datasight Indonesia pada 6 hingga 9 Januari 2022, dukungan responden terbesar untuk calon presiden masih kepada Prabowo Subianto.

Di posisi kedua, ada Ganjar Pranowo diikuti Anies Baswedan urutan ketiga. Selanjutnya, posisi keempat dan kelima di tempati Menparekraf Sandiaga Uno dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Sedangkan dukungan respoden bagi para tokoh untuk maju sebagai calon wakil presiden, posisi pertama ditempati Sandiaga Uno. Kemudian Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo, Khofifah Indar Parawansa, Agus Harimurti Yudhoyono, Erick Thohir, Puan Maharani, Salim Segaf Al-Jufri, dan Airlangga Hartarto.

“Dari hasil survey tersebut kami buat beberapa simulasi pasangan capres dan cawapres dengan beberapa asumsi,” kata Direktur Datasight Indonesia, Radhiatmoko, Kamis (13/1/2022).

Asumsi pertama bila pilpres diikuti 3 pasangan calon yang terdiri dari pasangan nasionalis, pasangan relijius dan pasangan nasionalis relijius. Selanjutnya pasangan tersebut Disimulasikan lagi dengan memasukan beberapa nama tokoh berdasarkan kategori tersebut.

Sehingga diketahui berapa jumlah rata-rata dukungan para calon presiden bila dipasangkan dengan calon lain dengan berbagai latar belakang.

Asumsi kedua bila pilres diikuti hanya oleh 2 pasangan calon yang keduanya terdiri dari pasangan nasionalis-relijius. “Pada asumsi kedua ini kami buat beberapa simulasi berdasarkan beberapa nama calon dari berbagai latar belakang ideologi,” jelas Radhiatmoko. (Ani)

Silahkan kirim ke email: redaksi@herald.id.
Stay connect With Us :
  • Bagikan