Ibu Hamil dan Anak Kecil Kebagian Bansos 2022, Begini Cara Ceknya!

- Nasional
  • Bagikan
Uang THR/Ilustrasi

HERALD.ID, JAKARTA—Bantuan sosial dalam Program Keluarga Harapan (Bansos PKH) akan terus disalurkan oleh pemerintah hingga tahun 2022. Salah satu kelompok yang akan menerima bansos PKH tahun 2022 adalah mereka yang memiliki Kartu Kewarganegaraan Indonesia untuk ibu hamil dan anak kecil.

Dikutip dari republika.co.id, ibu hamil dan anak kecil akan ditransferkan Rp3 juta dari bansos PKH ke rekening Himbara yaitu BRI, BNI, Mandiri dan BTN. Pembayaran bantuan sosial tersebut tidak langsung keseluruhan. Namun dilakukan dalam empat tahap, sehingga total yang diterima Rp 3 juta.

Tahap pertama akan ditransfer pada Januari, Februari, dan Maret. Lalu, fase 2 pada April, Mei, serta Juni. Selanjutnya, fase 3 dilakukan Juli, Agustus, dan September. Sementara tahap terakhir atau keempat didapatkan pada Oktober, November, serta Desember.

Tapi, tentu saja, penerima bansos Rp3 juta itu bukan sembarang orang. persyaratan adalah:

1. Ibu hamil/pasca melahirkan berhak atas bantuan tahunan sebesar Rp 3 juta

2. Anak kecil, berhak atas bantuan Rp 3 juta per tahun

Untuk bantuan sosial bagi ibu hamil, penerima wajib memeriksakan kehamilannya di fasilitas kesehatan minimal empat kali selama kehamilan. Selain itu, penerima wajib melahirkan di layanan kesehatan dan menjalani empat kali pemeriksaan kesehatan ibu nifas.

Adapun cara cek daftar penerima bansos PKH ibu hamil dan anak kecil Rp 3 juta tahun 2022, warga bisa mengunjungi laman link Cekbansos.kemensos.go.id. Berikut langkah-langkahnya:

Silahkan kirim ke email: redaksi@herald.id.
Stay connect With Us :
  • Bagikan