Kisah Mengharukan Wanita Tionghoa Pelihara Bocah Muslim hingga Besar dan Sekolahkan pada Sekolah Islam

- Aneka
  • Bagikan
Rohana dan ibu angkatnya.

HERALD.ID – Dua puluh tahun lalu, guru TK Chee Hoi Lan, yang kini berusia 83 tahun, mengasuh Rohana Abdullah.

Rohana adalah putri seorang wanita Tenaga Kerja Indonesia (TKI), yang dideportasi, dipaksa meninggalkan Malaysia karena menjadi pendatang ilegal.

Orang tua Rohana tak sempat lagi membawa putrinya yang saat itu masih sangat kecil.
Memahami kesulitan yang mungkin menimpa anak yang tidak bersalah, Chee Hoi Lan membuat keputusan untuk membesarkan Rohana, sama seperti darah dagingnya sendiri.

Chee Hoi Lan mengerti, akan ada hambatan dalam membesarkan anak yang berbeda agama dengannya. Tetapi, hal ini tidak menghentikannya untuk membesarkan Rohana.

Dia berusaha untuk merawatnya. Memasuki usia sekolah, Chee Hoi Lan menggunakan uangnya sendiri mengirim Rohana ke sekolah agama. Fardhu Ain namanya.

“Aku mencintainya seolah-olah dia adalah putriku sendiri. Saya memastikan bahwa dia dapat mengejar kehidupan seorang Muslim sejati, sesuatu yang telah saya lakukan hingga hari ini,” ujar Chee Hoi Lan.

“Satu-satunya harapan saya untuknya adalah, sebelum saya mati, saya ingin melihatnya menikah. Itu memberi saya rasa kepuasan, mengetahui bahwa saya telah merawatnya dan memastikan bahwa dia memeluk agamanya sepanjang hidupnya,” imbuh Chee Hoi Lan.

Saat menjelaskan tentang kehidupannya bersama Rohana, dia menjelaskan, adalah tugasnya sebagai seorang ibu, untuk mengajar dan mendidiknya tentang apa yang benar dan apa yang salah.

Silahkan kirim ke email: redaksi@herald.id.
Stay connect With Us :
  • Bagikan