Pemerintah Siapkan 7 Penjabat Gubernur, Pengganti Anies Paling Heboh

- HeraldNews
  • Bagikan
Anies Baswedan. (Foto: IG Anies Baswedan)

HERALD.ID, JAKARTA—Ada tujuh gubernur yang akan berakhir masa jabatannya tahun ini. Karena pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak baru digelar 2024 mendatang, pemerintah pusat dipastikan akan menunjuk penjabat gubernur untuk mengisi kekosongan jabatan.

Tujuh provinsi yang membutuhkan penjabat gubernur yakni Aceh, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, serta Papua Barat. Dari tujuh provinsi itu, DKJ Jakarta menjadi sorotan utama.

Pembicaraan mengenai siapa pengganti Anies Baswedan sebagai orang nomor satu ibu kota tak lepas dari posisi DKI Jakarta dan juga sosok Anies. Khusus Anies, ia disebut-sebut sebagai salah satu kandidat kuat untuk Pilpres 2024 berdasarkan sejumlah survei yang sudah dirilis belakangan ini.

Makanya, penunjukan penjabat gubernur DKI Jakarta akan menjadi keputusan politik yang akan menjadi sorotan publik. Dan tentu saja paling heboh dalam proses penentuannya.

Dalam sepekan terakhir, ada dua nama yang muncul ke permukaan dan disebut-sebut sebagai kandidat penjabat gubernur DKI jakarta. Pertama adalah Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono. Kedua, Kapolda Metro Jaya, Fadil Imran.

Kemunculan nama Heru mendapat dukungan dari beberapa partai politik. Ia dinilai sebagai birokrat tulen yang diklaim sangat pas memimpin Jakarta setelah Anies mengakhiri jabatan Oktober mendatang.

Salah satu yang secara terbuka menyatakan dukungan adalah Ketua Fraksi PDI Perjuangan (PDIP), Gembong Warsono. Menurutnya, pengalaman dibutuhkan karena masa jabatan penjabat gubernur cukup lama dan Heru memiliki syarat tersebut.

Untuk Fadil Imran, kemunculan namanya “ditentang” pakar hukum tata negara, Refly Harun. Bagi Refly, jika memang harus ada penjabat gubernur, seharusnya bukan dari TNI atau Polri.

Silahkan kirim ke email: redaksi@herald.id.
Stay connect With Us :
  • Bagikan