Wajib Tahu, Calon Pasangan Pengantin Perlu Perhatikan Kesehatan Reproduksi

- Lifestyle
  • Bagikan
- Kehidupan pernikahan yang bahagia dan mempunyai keturunan yang sehat, cerdas adalah dambaan setiap orang. @iPro-Managament

HERALD.ID, JAKARTA — Kehidupan pernikahan yang bahagia dan mempunyai keturunan yang sehat, cerdas adalah dambaan setiap orang. Akan tetapi tak jarang banyak permasalahan yang timbul dalam pernikahan, salah satunya masalah Kesehatan.

Sebagai contoh adalah masalah infertilitas , kehamilan berisiko, bayi lahir tidak sehat, keguguran, dll. Oleh karena itu sangat penting sebelum pernikahan untuk mempersiapkan Kesehatan reproduksi kita.

Beberapa persiapan pranikah yang terkait dengan Kesehatan reproduksi adalah:

Pemeriksaan Kesehatan

Pemeriksaan Kesehatan ini dilakukan idealnya adalah 3 bulan sebelum tanggal pernikahan. Manfaatnya untuk :

Mengetahui status kesehatan calon pengantin (catin)
Memberikan waktu pengobatan apabila ditemukan masalah kesehatan
Mencegah penularan penyakit kepada pasangan
Mempersiapkan kehidupan rumah tangga yang sehat
Mempersiapkan kehamilan dan menghasilkan keturunan yang sehat dan berkualitas.

Pada saat pemeriksaan calon pengantin akan diberikan pertanyaan tentang keluhan Kesehatan yang sedang alami, riwayat Kesehatan, dan deteksi dini adanya masalah kejiwaan.

Kemudian catin akan dilakukan pengukuran tekanan darah, Berat badan, Tinggi badan, Lingkar lengan atas (LILA), tanda- tanda anemia, pemeriksaan darah rutin ( Hemoglobin, golongan darah dan rhesus), pemeriksaan urin rutin, dan pemeriksaan lain atas indikasi medis seperti gula darah, IMS, HIV, malaria, thalassemia, Hepatitis B, TORCH. Dan selanjutnya akan diberikan KIE dan konseling Kesehatan reproduksi, pemberian tablet dambah darah, skrining dan imunisasi TT, serta pengobatan sesuai permasalahan Kesehatan.

Pasangan pengantin harus tampil prima dan menjaga keseimbangan gizi. Foto: @Ipro-Managament

Persiapan gizi

Persiapan gizi perlu dilakukan sebelum menikah, ini berkaitan dengan persiapan kehamilan, dimana proses kehamilan membutuhkan cadangan nutrisi dari ibu. Persiapan gizi meliputi penentuan status gizi dan pemenuhan gizi seimbang.

Status gizi ditentukan dengan pengukuran Indek Massa Tubuh (IMT) serta pengukuran Lingkar Lengan atas bagi Catin perempuan.

Interpretasi nilai IMT ditampilkan dalam tabel berikut:

Silahkan kirim ke email: redaksi@herald.id.
Stay connect With Us :
  • Bagikan