Fraksi PAN Copot Ketua Komisi VIII DPR RI, Ini Penyebabnya

- Politik
  • Bagikan
Yandri Susanto

HERALD.ID — Ketua Fraksi PAN DPR RI, Saleh Partaonan Daulay mengatakan fraksinya akan mengganti Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto setelah proses pengawasan ibadah haji 2022 selesai dilakukan.

“Fraksi PAN akan mengadakan rotasi dan pergantian pimpinan Komisi VIII DPR RI agar Yandri Susanto, yang saat ini menjadi wakil Ketua MPR RI, bisa melaksanakan tugas secara maksimal. Namun, pergantian pimpinan Komisi VIII DPR tersebut belum langsung dilaksanakan,” kata Saleh di Jakarta, Kamis.

Dia menjelaskan Yandri dan anggota Komisi VIII DPR sudah jauh hari ditugaskan mengurus pengawasan haji, yang merupakan tugas sangat penting untuk diselesaikan dahulu. Menurut dia, semua pelaksanaan haji harus diawasi agar sukses serta memastikan jemaah dilayani dengan baik.

“Pergantian (ketua Komisi VIII DPR) akan dilakukan, namun tidak harus buru-buru. Ini membuka kesempatan bagi anggota Fraksi PAN lain untuk menjadi pimpinan komisi,” katanya.

Terkait siapa nanti pengganti Yandri, Saleh mengatakan Fraksi PAN memiliki banyak anggota yang cocok untuk menjadi ketua Komisi VIII DPR, terutama jika dilihat dari latar belakang pendidikan, organisasi, pengalaman politik, dan kapasitas lain.

“Diharapkan ketua yang akan datang tidak kalah kapasitasnya dengan mas Yandri Susanto,” tambahnya.

Dia mengungkapkan sebenarnya nama pengganti Yandri di Komisi VIII DPR sudah ada. Namun, itu akan diumumkan setelah proses pengawasan ibadah haji selesai.

“Sebetulnya orangnya sudah ada, namanya nanti saja ya; yang jelas, dulu pernah dan lama di Muhammadiyah. Dia bukan orang baru di PAN, sudah lama meniti karier politik di PAN,” ujarnya. (*)

Silahkan kirim ke email: redaksi@herald.id.
Stay connect With Us :
  • Bagikan