Luar Biasa! Manusia “Laba-laba” Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Dunia Hingga 5 Kali

- Video
  • Bagikan

HERALD.ID – Manusia “laba-laba” tercepat Atlet panjat tebing Indonesia Kiromal Katibin kembali mempertajam rekor dunia.

Kali ini, Kiromal memiliki catatan waktu 5.04 detik pada babak kualifikasi nomor speed putra dalam ajang Speed and Lead World Cup di Villars, Swiss, Jumat (1/7) waktu setempat.

Dalam laman resmi Federasi Olahraga Panjat Tebing Internasional (IFSC), Kamis (30/6) disebutkan Kiromal Katibin dua kali melakukan pemecahan rekor di Swiss.

Sebelum membukukan 5,04 detik, pada hari yang sama dia lebih dulu melibas dinding setinggi 15 meter dengan 5.09 detik.

Torehan waktu di Swiss lebih baik dari sebelumnya saat dia tampil di nomor speed putra pada babak kualifikasi di World Cup International Sport Climbing (IFSC) di Salt Lake City, Amerika Serikat (AS), Jumat (27/5) dengan 5.10 detik.

Ini merupakan kali kelima secara keseluruhan atau ketiga sepanjang tahun ini, Katibin tercatat sebagai pemegang rekor dunia untuk nomor speed putra.

Kali pertama Katibin menobatkan diri sebagai pemegang rekor dunia saat tampil di Salt Lake City, 28 Mei 2021, dengan 5.25 detik.

Kemudian rekor tersebut sempat dipecahkan oleh sesama atlet Indonesia Veddriq Leonardo pada hari yang sama dengan 5.20 detik.

Lalu, Katibin kembali menyandang status pemegang rekor dunia pada 6 Mei 2022 di Seoul, Korea Selatan dengan 5.17 detik sebelum mempertajamnya di Salt Lake City pada 27 Mei 2022. (*)

Silahkan kirim ke email: redaksi@herald.id.
Stay connect With Us :
  • Bagikan