Tak Disangka, Ini Jasa Besar Tjahjo Kumolo bagi Muhammadiyah

- Aneka
  • Bagikan
Menteri PAN RB, Tjahjo Kumolo semasa hidup.

HERALD.ID — Sebagian orang mencitrakan Tjahjo Kumolo jauh dari Islam. Siapa sangka sosok yang dua kali jadi menteri di kabinet Jokowi ini punya jasa besar di Muhammadiyah.

Jasa Tjahjo Kumolo itu diceritakan Sekretaris Jenderal PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti.

“Suatu saat saya menghadiri undangan pengajian Ramadan di rumah dinas Ibu Puan Maharani, waktu menteri PMK. Kebetulan saat itu saya satu meja dengan Pak Tjahjo,” kata Abdul Mu’ti membuka cerita, Jumat 1 Juni 2022.

Saat itu, Abdul Mu’ti memberi tahu Tjahjo bahwa badan hukum Muhammadiyah yang diterbitkan Pemerintah Belanda tidak diakui oleh pemerintah kabupaten dan kota di Indonesia.

Mereka umumnya meminta akta notaris Muhammadiyah. Mendengar keluhan itu, Tjahjo dengan cepat menjawab, “Tidak benar itu. Badan Hukum Muhammadiyah sah dan berlaku. Kedudukannya sama dengan badan hukum yang berlaku. Saya segera urus.”

Waktu itu Tjahjo Kumolo menjabat menteri dalam negeri. Sepakan kemudian, Kemendagri menerbitkan surat yang menjelaskan bahwa badan hukum Muhammadiyah yang diterbitkan Pemerintah Belanda adalah sah dan berlaku.

Dengan terbitnya surat menteri dalam negeri tersebut, Muhammadiyah dan amal usaha tidak banyak mengalami kesulitan terkait badan hukum dan kerja sama dengan berbagai pihak.

“Semoga menjadi amal jariyah Pak Tjahjo. Semoga Allah mengampuni dosa-dosanya dan mendapatkan tempat di surga,” tutup Abdul Mu’ti di akun Twitternya. (*)

Silahkan kirim ke email: redaksi@herald.id.
Stay connect With Us :
  • Bagikan