Tok! Indonesia Resmi Punya 37 Provinsi, Ini 3 Provinsi Baru

- Nasional
  • Bagikan
Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya Papua.

HERALD.ID, JAKARTA – Jumlah provinsi di Indonesia sudah bukan 34 lagi. Ada tiga tambahan provinsi baru. Sehingga total ada 37 provinsi di NKRI ini. Tiga provinsi baru itu berasal dari Papua.

Kamis, 30 Juni 2022, Rapat Paripurna DPR RI menyetujui 3 Rancangan Undang-Undang (RUU) terkait provinsi baru Papua atau DOB (Daerah Otonomi Baru) Papua.

Yakni, UU Provinsi Papua Selatan, UU Provinsi Papua Tengah, dan UU Provinsi Pegunungan.

Adapun untuk Provinsi Papua Selatan, ibu kotanya berkedudukan di Kabupaten Merauke. Meliputi 4 kabupaten, yaitu, Merauke, Boven Digoel, Mappi, dan Asmat.

Sedangkan ibu kota Provinsi Tengah adalah Kabupaten Nabire. Meliputi 8 kabupaten, yakni, Nabire, Paniai, Mimika, Puncak Jaya, Puncak, Dogiyai, Intan Jaya dan Deiyai.

Sementara ibu kota Provinsi Papua Pegunungan, berkedudukan di Kabupaten Jayawijaya. Meliputi 9 kabupaten, yakni, Jayawijaya, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Tolikara, Mamberamo Tengah, Yalimo, Lani Jaya, dan Nduga.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan, dukungan legislasi dari DPR dalam hal pemekaran wilayah ini, untuk menjamin hak rakyat Papua.

Ia juga mengatakan, ini merupakan upaya pemerataan pembangunan di Bumi Cenderawasih tersebut.

“Untuk pemerataan dan keadilan pembangunan di Indonesia,” ujar mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu.

Puan menegaskan, pembahasan UU DOB Papua sudah berjalan sesuai dengan mekanisme yang berlaku. DPR kata Puan, telah mengakomodir kepentingan rakyat Papua dalam UU DOB.

Silahkan kirim ke email: redaksi@herald.id.
Stay connect With Us :
  • Bagikan