Penjelasan Ilmiah Mengapa Lebaran di Saudi Lebih Dahulu daripada Indonesia

- Opini
  • Bagikan
Pemantauan hilal di Arab Saudi.

Oleh Andi Muh Akhyar, MSc

Sebuah pertanyaan kritis sampai kepada kami, “Logikanya, kalau secara geografis kita duluan mengapa hari lebarannya malah kita belakangan…?”

Jawaban pertanyan ini bisa dijawab jika diulas dua variabel dalam pertanyaannya, “secara geografis kita duluan” dan “lebarannya kita belakangan”.

Secara Geografis Kita Duluan

Dalam perspektif astronomi, “secara geografis kita duluan” dimaksudkan bahwa wilayah kita, Indonesia (lebih ke timur), lebih dulu terkena cahaya matahari dibandingkan Saudi (lebih ke barat), sehingga waktu dan penanggalan kita lebih dulu.

Ini disebabkan adanya gerak semu harian matahari dari timur ke Barat. Jadi, secara geografis kita lebih dulu, terkait dengan pergerakan semu mataharinya.

Lebarannya Kita Belakangan

Metode rukyat dan hisab biasanya digunakan untuk penetuan hari lebaran. Tapi melihat dari pertanyaannya, orang ini meyakini rukyat sebagai metode dalam penentuan awal 1 Zulhijah. Maka pembahasan ini dibatasi pada persoalan rukyat saja.

Jika perputaran waktu basisnya pergerakan semu matahari, maka lebaran terkait dengan ketampakan hilal di suatu daerah. Keterlihatan hilal itu, bergantung oleh banyak faktor, seperti ketinggian hilal, jarang lengkung bulan-matahari, lebar dan iluminasi hilal, kondisi atmosfir, dan lain-lain (di waktu magrib).

Dari sini dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Objek yang dijadikan basis sudah beda. Satunya gerak semua matahari, satunya hilal.
  2. Selain itu, waktunya juga beda. Satunya ditinjau sepanjang waktu dan satunya ditinjau hanya setelah salat magrib saja.
  3. Ditambah lagi, gerak semu matahari itu teratur setiap hari di semua tempat, keterlihatan hilal itu tidak teratur/berubah-ubah, bergantung tempat dan waktunya. Meskipun begitu, semakin ke barat, maka peluang melihat hilalnya semakin besar karena umur hilal yang semakin tua dan jarak hilal yang semakin jauh dari matahari.
Silahkan kirim ke email: redaksi@herald.id.
Stay connect With Us :
  • Bagikan