Ahli Epidemiologi, PPKM Sudah Tidak Relevan, Ini Alasannya

- Kesehatan
  • Bagikan
ILUSTRASI

HERALD.ID, MAKASSAR — Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dinilai sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini.

Epidemiologi Universitas Indonesia, Pandu Riono menyebut sebagian masyarakat saat ini sudah mempunyai imunitas yang tinggi karena telah melakukan vaksinasi.

Dia juga menyebut selama tiga bulan ini PPKM di Indonesia tidak mengalami perubahan tingkatkannya.

“Jadi PPKM selama dua atau tiga bulan ini levelnya tidak verubah, jadi sebenarnya instrumen kegiatan pembatasan kegiatan masyarakat sudah tidak relevan lagi pada kondisi dimana tingkat imunitas penduduk berkat vaksinasi sudah mencapai tinggi,” katanya dalam Market Review IDX Channel, Senin (26/9/2022).  

Namun, dia menyampaikan bahwa pemerintah perlu menggenjot program vaksinasi booster untuk lebih meningkatkan kekebalan imunitas masyarakat.

Selain itu dirinya juga tetap mengingatkan protokol kesehatan tetap diberlakukan kepada setiap aktivitas masyarakat.

“Sehingga masyarakat dapat beraktivitas tanpa adanya pembatasan, namun tetap harus mematuhi protokol kesehatan,” ucapnya.

Telebih lagi, menurutnya pandemi Covid-19 di Indonesia sudah semakin terkendali.

“Jadi saat ini pandemi di Indonesia itu bagus dalam pengertian pengendaliannya, walaupun Indonesia menghadapi virus Omicron, BA4, dan BA5, namun lonjakan kasusnya tidak tinggi,” katanya

Selain tidak terjadi lonjakan yang tinggi, dia mengatakan bahwa orang yang terpapar virus Covid-19 saat ini tidak separah seperti tahun lalu.

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan