Baru Beberapa Menit, Ferdy Sambo Ambil Kembali Amplop Berisi Rp1 Miliar dari Tangan Bharada E: Tunggu Situasi Aman!

- HeraldNews
  • Bagikan
sidang ferdy sambo
ILUSTRASI

HERALD.ID — Bhayangkara Dua (Bharada) Richard Eliezer Pudihang Lumiu kena sial. Dia tak bisa mengelak perintah pimpinan untuk membunuh rekan sendiri.

Uang Rp1 miliar dalam amplop putih yang dihadiahkan Ferdy Sambo juga batal dia terima. Hanya sempat dipegang beberapa menit di rumah pribadi Ferdy di Jalan Saguling.

Berdasarkan dakwaan jaksa penuntut umum (JPU), amplop berisi Rp1 miliar itu diserahkan pada Minggu, 10 Juli 2022. Dua hari setelah Bharada E menembak mati Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Saat itu, Bharada E dipanggil bertiga. Ada juga Bripka Ricky Rizal atau Bripka RR, dan Kuat Ma’ruf alias KM. Semuanya mendapat hadiah dari Ferdy. Namun, nilainya berbeda-beda.

Ketiganya mendapat hadiah ponsel iPhone 13 Pro Max. Menurut Ferdy, ponsel mahal tersebut diberikan sebagai pengganti smartphone mereka sebelumnya yang dihancurkan untuk menghilangkan jejak.

Ricky dan Kuat mendapat iPhone 13 Pro Max plus amplop berisi uang Rp500 juta atau setengah miliar. Bharada E menerima iPhone 13 Pro Max dan amplop berisi uang Rp1 miliar dalam mata uang dolar AS.

Namun, baru beberapa menit, amplop tersebut diambil kembali Ferdy Sambo. Mantan kepala Divisi Propam Polri itu berjanji akan menyerahkannya pada Agustus 2022 apabila kondisi sudah aman.

Ternyata, kasus pembunuhan itu tercium publik pada Senin, 11 Juli 2022. Indonesia langsung heboh. Mabes Polri akhirnya menggelar konferensi pers menjelaskan adanya tembak menembak di rumah dinas Ferdy Sambo.

Belakangan terungkap, kronologi yang disampaikan pada konferensi pers 11 Juli 2022 itu rekayasa. Ternyata, Yosua dihabisi tanpa perlawanan.

Dalam dakwaan jaksa, juga disebutkan, usai penyerahan hadiah, Putri Candrawathi menyampaikan terima kasih kepada Richard, Ricky, dan Kuat.

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan