HERALD.ID — Ada janji menarik Ketua Umum Pertai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, Minggu 31 Oktober 2022. Salah satunya akan menurunkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Janji itu disampaikan Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin, dalam acara “PKB Road To Election 2024” di Gedung Tenis Indoor Senayan, Jakarta.

Ada lima janji yang disampaikan Cak Imin di depan Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto dan ribuan kadernya. Kelima janji itu hasil keputusan konsolidasi nasional PKB.

Pertama, keputusan rapat koordinasi dan konsolidasi seluruh jajaran DPP, DPW, DPC memutuskan perjuangan paling pendek untuk 2024 dimulai dengan bertekad total nanti tahun 2023, PKB wajib memperjuangkan dan menyukseskan program listrik gratis untuk orang miskin.

Hasil konsolidasi nasional tersebut juga telah menghitung anggaran yang diperlukan, yakni sebesar Rp17,7 triliun per tahun. Program ini diperuntukkan bagi 24 juta rumah tangga yang menggunakan listrik berdaya 450 volt amphere (VA) dan 900 VA.

“Ini yang sudah dihitung mendapatkan subsidi gratis 100 persen untuk rakyat miskin,” kata dia.

Kedua, program pupuk gratis bagi petani yang memiliki lahan pertanian di bawah 0,5 hektare. Ketiga, program penurunan harga BBM, khusus untuk sepeda motor dan angkutan umum.

“Sudah dihitung kira-kira satu tahun Rp267 triliun (subsidi),” kata Cak Imin.

Keempat, pemberian modal tanpa agunan dan bunga. Program ini diperuntukkan bagi pengusaha muda guna menghadapi momen puncak bonus demografi pada 2030 mendatang.

Kelima, program kenaikan dana pensiun bagi TNI dan Polri. Cak Imin, menyebut program ini untuk mereka yang sebelumnya sudah berjuang untuk bangsa Indonesia.

“Alhamdulillah Pak Prabowo datang menyaksikan. Ini sekaligus kalau mau koalisi ya ini juga harus diperjuangkan bersama dengan partai yang ada,” kata wakil ketua DPR RI itu.

Saat diberi kesempatan berpidato setelahnya, Prabowo tak menyinggung lima janji Cak Imin tersebut. Prabowo memilih rileks dengan membacakan dua bait pantun pada awal sambutan.

“Pak Sadikin beli buku di Kwitang. Berkendaraan ke Pelabuhan Ratu. Jika ingin Indonesia sejahtera dan menang. Gerindra dan PKB harus terus bersatu,” kata Prabowo membacakan pantun pertama.

“Jalan-jalan mengelilingi samudra, perginya harus pagi-pagi. Genggamlah tangan Gerindra, ke mana pun PKB pergi,” lanjut Prabowo yang disambut gemuruh ribuan kader PKB.

Dalam pidatonya, Prabowo banyak memuji Jokowi. Dia mengakui banyak prestasi yang ditorehkan mantan rivalnya tersebut. Namun, kadang-kadang bangsa sendiri kurang menghormati prestasi pemimpin negara sendiri. (*)