HERALD.ID, JAKARTA — Politikus PDIP Ruhut Sitompul menyoroti batalnya deklarasi Koalisi Perubahan yang direncanakan Partai NasDem pada Kamis (10/11), bertepatan dengan Hari Pahlawan. Ruhut memprediksi koalisi yang diisi NasDem, PKS, dan Demokrat itu bakal rapuh.

“Saya yakin, itu koalisi yang rapuh, tinggal tunggu bubar saja,” kata Ruhut, seperti dikutip jpnn, Sabtu (12/11).

Koalisi Perubahan Ruhut pun berpesan kepada Surya Paloh agar berhenti bermain retorika. “Surya Paloh, pesan saya, ayo, dong, mana dadamu, mana dadaku bilang, begitu, dong, ke Jokowi. Baru hebat,” ujar Ruhut.

Sebelumnya, Deputi Bappilu Demokrat Kamhar Lakumani menyebut ada kelompok yang memiliki kekuatan mencoba menjegal terbentuknya poros Koalisi Perubahan untuk Pilpres 2024.

“Ada berbagai upaya dan kekuatan yang mencoba mengganggu dan menghalang-halangi,” ujar eks aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu melalui layanan pesan, Kamis (10/11). 

Koalisi Perubahan terdiri dari Partai NasDem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Penjajakan koalisi itu cukup intens setelah Ketua Umum Partai NasDem mengumumkan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden atau capres yang akan diusung parpolnya di Pilpres 2024. (***)