Jokowi Resmi Usul KSAL Laksamana Yudo Margono Jadi Panglima TNI, Hanya Menjabat Setahun

- HeraldNews
  • Bagikan
Laksamana TNI Yudo Margono
Laksamana TNI Yudo Margono

HERALD.ID — Laksamana TNI Yudo Margono segera menggantikan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa. Surat presiden (surpres) telah dikirim ke DPR RI, Rabu 23 November 2022.

Jokowi memberi kesempatan kepada TNI AL untuk menjadi panglima TNI. Maklum, selama delapan tahun belum pernah ada panglima TNI dari Angkatan Laut.

“Pokoknya yang delapan tahun lalu (korpsnya) belum menjadi Panglima TNI,” ujar seorang sumber di Istana Negara mengutip Kompas.id, Rabu (23/11/2022).

Jenderal Andika Perkasa memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022. Menantu mantan Kepala BIN, AM Hendropriyono tersebut akan genap berusia 58 tahun.

Sesuai ketentuan, calon panglima TNI berasal dari para kepala staf TNI yang menjabat saat ini. Bisa juga dari mantan kepala staf yang masih aktif.

Tiga kepala staf yang saat ini menjabat yakni Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman, dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo.

Yudo dan Dudung akan memasuki masa pensiun pada November 2023. Sementara itu, Fadjar akan memasuki masa pensiun pada April 2024.

Sebelum Andika Perkasa, panglima TNI berasal dari TNI AU, yakni Marsekal Hadi Tjahjanto yang kini menteri agraria dan tata ruang sekaligus kepala Badan Pertananan Nasional (BPN).

Menteri Sekretaris Negara, Pratikno membenarkan bahwa Presiden Jokowi mengusulkan Yudo Margono sebagai calon panglima TNI. (*)

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan