Amerika Larang Penggunaan Perangkat Telekomunikasi China

- Internasional
  • Bagikan
Raksasa teknologi China Huawei adalah salah satu perusahaan yang diidentifikasi dalam laporan FCC. (Foto: Mark Schiefelbein/AP Photo)

HERALD.ID, WASHINGTON—Komisi Komunikasi Federal Amerika Serikat (FCC) telah mengumumkan pelarangan peralatan telekomunikasi dan pengawasan video dari merek China terkemuka, termasuk Huawei dan ZTE. Itu karena alasan risiko keamanan nasional.

FCC yang beranggotakan lima orang mengatakan pada hari Jumat waktu setempat bahwa pihaknya telah memilih dengan suara bulat untuk mengadopsi aturan baru yang akan memblokir impor atau penjualan produk yang ditargetkan.

“Keputusan bulat kami mewakili pertama kalinya dalam sejarah FCC bahwa kami memilih untuk melarang otorisasi peralatan komunikasi dan elektronik berdasarkan pertimbangan keamanan nasional,” kata Komisaris FCC Brendan Carr dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat dikutip dari Aljazeera.

Dia menambahkan bahwa langkah tersebut memiliki “dukungan bipartisan yang luas” di antara pimpinan kongres AS.

Pejabat keamanan AS telah memperingatkan bahwa peralatan dari merek China seperti Huawei dapat digunakan untuk mengganggu jaringan nirkabel generasi kelima (5G) dan mengumpulkan informasi sensitif.

Menurut FCC, larangan tersebut adalah langkah terbaru dalam dorongan selama bertahun-tahun “untuk menjaga keamanan jaringan AS” dengan mengidentifikasi dan melarang perangkat yang dianggap sebagai ancaman keamanan.

Prakarsa hari Jumat juga mencakup larangan terhadap Hytera Communications, Perusahaan Teknologi Digital Hangzhou Hikvision, dan Perusahaan Teknologi Dahua.

Huawei menolak memberikan komentar kepada kantor berita Reuters. ZTE, Dahua, Hikvision dan Hytera tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Huawei dan pemerintah China sendiri telah lama membantah tuduhan spionase dan mengecam sanksi AS terhadap teknologi China. (*)

Editor: Muhammad Ilham
Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan