Berzina dan Seks Sesama Jenis, 12 Warga Dicambuk di Stadion Disaksikan Ratusan Penonton

- Internasional
  • Bagikan
Wanita Afghanistan melewati pejuang Taliban di Kabul, Afghanistan, 13 Februari 2022. (Foto: AP Photo/Hussein Malla)

HERALD.ID, KABUL—Taliban mencambuk 12 orang di stadion sepak bola karena melakukan “kejahatan moral”, termasuk seks sesama jenis dan perzinahan. Ratusan orang hadir untuk menyaksikan hukuman tersebut.

The Independent sebagaimana dikutip dari India Today melaporkan bahwa hukuman itu dilakukan di depan umum di salah satu stadion di wilayah Logar.

Beberapa terdakwa diizinkan pulang setelah menerima hukuman. Sementara sisanya dikirim ke penjara.

Taliban mencambuk pria dan wanita dengan masing-masing sekitar 21-39 pukulan. Menurut kelompok Islam garis keras itu, jumlah maksimum cambukan yang dapat diterima seseorang adalah 39 kali, kata laporan itu, mengutip seorang pejabat Taliban.

Ketika Taliban merebut kekuasaan tahun lalu di bulan Agustus, mereka berjanji untuk bersikap lebih moderat dan menunjukkan kelonggaran terhadap perempuan dan cara mereka memerintah. Namun, sekarang tampaknya hal itu tak terbukti.

Sebelumnya, perempuan di Afghanistan dilarang memasuki taman hiburan di Kabul setelah kementerian moralitas Taliban mengatakan akan ada pembatasan bagi perempuan untuk mengakses taman umum.

Seorang juru bicara Kementerian Penyebaran Kebajikan dan Pencegahan Kejahatan (MPVPV) mengatakan bahwa perempuan akan dilarang memasuki taman.

Taliban mengatakan bahwa mereka menghormati hak-hak perempuan sesuai dengan interpretasi mereka terhadap hukum Islam.

Kantor Hak Asasi Manusia PBB mengatakan secara terpisah bahwa pihaknya “terkejut” dengan pencambukan terhadap 11 pria dan tiga wanita di Afghanistan pada hari Rabu dan menyerukan “bentuk hukuman yang menjijikkan ini untuk segera dihentikan.”

“Hukuman fisik adalah pelanggaran hak asasi manusia menurut hukum internasional,” kata juru bicara Kantor Hak Asasi Manusia Ravina Shamdasani dikutip dari The Times of Israel.

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan