Optimis Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi 2023-2024, BI: Tetap Waspada

- Ekobis
  • Bagikan
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo

HERALD.ID, JAKARTAGubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan dalam menjaga ketahanan perekonomian Indonesia yang selama ini telah dicapai ia menekankan sinergi dan inovasi sebagai kunci untuk menghadapi gejolak global.

Katanya, optimisme terhadap pemulihan ekonomi perlu terus diperkuat namun tetap waspada dari ketidakpastian global, termasuk risiko stagflasi dan bahkan resflasi.

Perry Warjiyo juga memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada 2023 tetap kuat pada kisaran 4,5-5,3 persen, dan akan terus meningkat menjadi 4,7-5,5 persen pada 2024.

Ia menerangkan hal tersebut didukung oleh konsumsi swasta, investasi, dan tetap positifnya kinerja ekspor di tengah pertumbuhan ekonomi global yang melambat.

“Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) diperkirakan menurun dan kembali ke dalam sasaran 3,0 kurang lebih 1 persen pada 2023 dan 2,5 kurang lebih 1 persen pada 2024,” tuturnya dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2022 yang digelar secara hybrid di Jakarta (30/11/2022).

Lebih lanjut, yang paling berkontribusi kuat dalam pengendalian inflasi adalah koordinasi antara Pemerintah Pusat dan Daerah melalui Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah (TPIP dan TPID) dan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

Sementara itu dalam kesempatan tersebut, Presiden RI, Joko Widodo berpesan bahwa kedepannya tentu saja kondisi ekonomi global masih dalam ketidakpastian.

“Pada tahun 2023 betul-betul kita harus hati-hati dan waspada tanpa mengurangi optimisme,” tambah Presiden Joko Widodo.

Ia kembali menerangkan bahwa dalam perumusan kebijakan, sinergi fiskal dan moneter perlu terus diperkuat sehingga kebijakan ekonomi nasional memperkuat kebangkitan ekonomi dan memberikan manfaat bagi rakyat.(krn/nis)

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan