FIFA Akhirnya Berikan Bukti Gol Kemenangan Jepang Sah

- Sepak Bola
  • Bagikan
Gol kemenangan Jepang disahkan setelah FIFA menggunakan gambar yang awalnya tidak ditampilkan di TV (Foto: FIFA)

HERALD.ID, DOHA—FIFA akhirnya menunjukkan bukti kalau gol kemenangan Jepang melawan Spanyol itu sah.

Juara empat kali Jerman tersingkir ke babak penyisihan grup yang memalukan untuk Piala Dunia kedua berturut-turut setelah Jepang melancarkan serangan balik yang menakjubkan di babak kedua melawan Spanyol dan menang 2-1.

Kemenangan 4-2 Jerman atas Kosta Rika tidak berarti setelah gol penentu Ao Tanaka membantu Jepang mencatatkan kemenangan yang tidak terduga itu.

Penyerang Jepang itu mendapat keuntungan dari upaya Kaoru Mitoma yang mencengangkan, dan akhirnya berhasil, untuk mencegah bola keluar dari permainan. Tayangan ulang awal menunjukkan bahwa bola telah melewati garis batas.

Setelah hampir 24 jam, FIFA memberikan gambar dan video dari sudut yang mereka gunakan untuk menentukan bahwa gol sah.

Keputusan kontroversial dan keputusan FIFA “menahan” gambar yang menentukan, telah memicu segala macam teori konspirasi tetapi mantan wasit Liga Premier Peter Walton berpendapat bahwa badan pengatur akan menggunakan teknologi yang tidak tersedia untuk perusahaan TV untuk sampai pada keputusan mereka.

“Saya melihat sudut yang sama dengan Anda, ada kesalahpahaman dalam hukum bahwa hanya karena bagian dari bola yang berada di atas garis keluar – jelas bukan karena itu adalah lekukan bola,” kata Walton dikutip dari Metro.

“Kami sering melihatnya dengan tendangan sudut yang melewati garis tetapi tidak terlalu melewati garis. Dalam hal ini, apa yang dicari VAR adalah bukti yang menunjukkan kepada wasit bahwa bola jelas telah meninggalkan lapangan permainan dan pada bukti yang kita lihat, dia tidak memilikinya di depannya,” jelasnya.

“Apa yang saya sarankan adalah teknologi garis gawang, kamera-kamera itu digunakan untuk VAR untuk mengetahui apakah itu telah meninggalkan lapangan permainan sehingga ada sudut yang akan menunjukkannya,” lanjutnya.

Namun, jika sepatu pemain atau tulang kering pemain menutupi bagian atas bola sehingga tidak dapat melihatnya dengan jelas maka petugas VAR menurutnya akan berkata kepada wasit bahwa mereka tidak memiliki bukti untuk diberikan dan keputusan di tangan wasit yang ada di lapangan.

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan