Pertama dalam Sejarah, Asia Punya 3 Wakil ke Babak 16 Besar Piala Dunia

- Bola Dunia
  • Bagikan
Wakil Asia Piala Dunia
Pemain Jepang merayakan kelolosannya ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: FIFA World Cup)

HERALD.ID – Sebanyak 24 pertandingan pada babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 telah usai digelar. Hasilnya, wakil Concacaf berguguran hingga nyaris tak tersisa.

Dari 4 perwakilan pada edisi ke-22 panggung sepak bola antar negara terakbar di dunia. Hanya Amerika Serikat yang mampu melalui babak penyisihan grup. Sedangkan Meksiko, Kanada, dan Kosta Rika gugur.

Sementara itu, separuh jatah pada babak 16 besar dikuasai oleh Eropa. Dari 13 delegasi, hanya Wales, Denmark, dan Serbia yang gagal lolos. Plus dua tim raksasa yakni Jerman dan Belgia.

Beruntung, negara-negara unggulan benua biru lain tetap menjaga peluang menjuarai Piala Dunia 2022. Seperti Belanda, Inggris, Prancis, dan Portugal yang kompak meraih predikat juara grup.

Beralih ke zona Conmebol alias Amerika Latin yang mengutus 4 delegasinya ke Qatar. Tersisa Argentina dan Brasil yang bertahan melanjutkan perjuangan. Adapun Ekuador dan Uruguay harus angkat koper.

Lantas, bagaimana dengan Asia dan Afrika? Siapa sangka, kedua benua yang prestasi negaranya tak terlalu membanggakan sepanjang pagelaran Piala Dunia justru membuat sejarah.

Untuk pertama kali dalam sejarah, Asia mempunyai 3 wakil di babak 16 besar, yakni Australia, Jepang, dan Korea Selatan. Adapun yang tersingkir antara lain ialah Iran, Arab Saudi, dan tuan rumah Qatar.

Begitu juga Afrika yang diwakili Senegal dan Moroko di fase gugur nanti. Hal ini menjadi kali kedua benua hitam memiliki dua wakil di babak 16 besar setelah Piala Dunia 2014 silam. 

Daftar Negara yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

1. Belanda (Juara Grup A)

2. Senegal (Runner Up Grup A)

3. Inggris (Juara Grup B)

4. Amerika Serikat (Runner Up Grup B)

5. Argentina (Juara Grup C)

6. Polandia (Runner Up Grup C)

7. Prancis (Juara Grup D)

8. Australia (Runner Up Grup D)

9. Jepang (Juara Grup E)

10. Spanyol (Runner Up Grup E)

11. Maroko (Juara Grup F)

12. Kroasia (Runner Up Grup F)

13. Brasil (Juara Grup G)

14. Swiss (Runner Up Grup G)

15. Portugal (Juara Grup H)

16. Korea Selatan (Runner Up Grup H). (adr)

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan