Periode Nataru, PPKM Kembali Diperpanjang hingga 9 Januari 2023

- Nasional
  • Bagikan
PPKM / ilustrasi

HERALD.ID, – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berlevel (levelling) untuk menangani pandemi virus corona (Covid-19) baik di wilayah Jawa-Bali maupun di luar Jawa-Bali kembali diperpanjang selama empat pekan lebih atau selama periode 6 Desember 2022 hingga 9 Januari 2023.

Periode itu dikenal pula menjadi bagian dari libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Pada penerapan PPKM kali ini seluruh daerah berada pada level 1. Tidak ada pengetatan wilayah atau kenaikan level PPKM baik di Jawa-Bali maupun daerah luar Jawa-Bali meskipun pada akhir tahun ini mobilitas masyarakat diperkirakan akan tinggi.

“Perpanjangan kali ini sekaligus sebagai persiapan pemerintah dan pemerintah daerah untuk menghadapi adanya libur Natal dan Tahun Baru 2023, sehingga kegiatan masyarakat baik di tempat ibadah maupun fasilitas umum lainnya dapat berjalan dengan baik dan tidak menjadi pusat penyebaran virus COVID-19,” kata Dirjen Bina Adwil Kemendagri Safrizal dalam keterangannya Selasa (6/12/2022).

Walaupun seluruh aktivitas dapat beroperasi 100 persen, terdapat penegasan kepada setiap pengelola gedung ataupun panitia kegiatan berkaitan dengan libur Natal 2022 maupun Tahun Baru 2023 untuk memaksimalkan penggunaan aplikasi Pedulilindungi.

Pada PPKM level 1 diatur bahwa perusahaan non-essensial diperbolehkan untuk melaksanakan work from office (WHO) dengan jumlah pegawai 100 persen, bagi pegawai yang sudah divaksin.

Pelaksanaan kegiatan sekolah ataupun perkuliahan dapat dilakukan melakukan pembelajaran tatap muka terbatas atau pembelajaran jarak jauh.

Pasar rakyat, restoran atau cafe, dan pusat perbelanjaan atau mal juga diperbolehkan beroperasi 100 persen hingga pukul 22.00 WIB.

Begitu pula dengan rumah ibadah diperbolehkan untuk beroperasi 100 persen.

Kemudian, bioskop juga diperbolehkan beroperasi 100 persen dan hanya pengunjung dengan kategori hijau di aplikasi PeduliLindungi yang diperbolehkan masuk.

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan