Calon KSAL Pengganti Laksamana TNI Yudo Margono Mulai Disinggung DPR

- Politik
  • Bagikan
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono / SC YouTube

HERALD.ID, JAKARTA – DPR mulai menyinggung sosok calon Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) pengganti Laksamana TNI Yudo Margono yang akan dilantik sebagai Panglima TNI.

Diketahui hingga kini sosok calon KSAL pengganti Laksamana TNI Yudo Margono masih belum jelas.

Anggota Komisi I DPR Dave Akbarshah Fikarno mengatakan untuk menunjuk calon KSAL pengganti Laksamana TNI Yudo Margono adalah wewenang Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun, menurutnya calon KSAL yang baru harus memiliki kesamaan visi dan misi dengan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan dilantik menjadi Panglima TNI.

“Calon Kasal berikutnya harus memahami dan searah dengan visi dan misi Panglima TNI terpilih dan Presiden Jokowi terkait pembangunan tol laut agar program tersebut tercapai,” katanya, Kamis (8/12/2022).

Dijelaskannya Laksamana TNI Yudo akan menjabat sebagai Panglima TNI sekitar satu tahun, sehingga banyak program berkelanjutan yang harus dijalankan.

Untuk itu, calon Kasal berikutnya harus memiliki “chemistry” dengan Laksamana Yudo untuk merealisasikan visi dan misi Panglima TNI.

“Calon Kasal harus memiliki ‘chemistry’ dengan Panglima TNI apalagi Laksamana Yudo berasal dari matra laut. ‘chemistry’ itu penting agar kebijakan searah dan sejalan,” ujarnya.

Dia menilai penentuan kepala staf TNI termasuk KSAL menjadi kewenangan dari Presiden atas usul Panglima TNI, sesuai dengan amanat Pasal 14 ayat 2 Undang-Undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.

Pasal 14 ayat 2 UU TNI menyebutkan bahwa kepala staf angkatan diangkat dan diberhentikan oleh Presiden atas usul Panglima TNI.

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan