Ketua MPR Wacanakan Tunda Pemilu 2024, Waketum Demokrat: TNI-Polri Jangan Mau Diperalat!

- HeraldNews
  • Bagikan
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo

HERALD.ID — Wacana penundaan Pemilu 2024 kembali bergulir. Tidak tanggung-tanggung, diungkap langsung Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo.

Wacana itu langsung menuai reaksi. Salah satunya dari Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Benny Kabur Harman.

“Jika pemilu ditunda, DPR, DPD, dan presiden/wapres tidak punya legitimasi lagi,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis malam, 8 Desember 2022.

“TNI-Polri jangan mau diperalat untuk mengamankan presiden yang tidak punya legitimasi rakyat. Tidak ada dasar dan alasan menunda pemilu selain untuk tetap berkuasa. Kudeta konstitusi sangat danger. #RakyatMonitor#,” lanjut Benny.

Sebelumnya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menilai, penyelenggaraan Pemilu 2024 mesti dipikirkan ulang. Alasannya, ada sejumlah potensi yang perlu diwaspadai oleh bangsa dan negara.

“Tentu kita juga mesti menghitung kembali, karena kita tahu bahwa penyelenggaraan pemilu selalu berpotensi memanaskan suhu politik nasional, baik menjelang, selama, hingga pasca penyelenggaraan pemilu,” kata Bambang dalam tayangan Youtube Poltracking Indonesia, Kamis (8/12/2022).

Bamsoet menyinggung proses pemulihan bangsa dan negara akibat pandemi Covid-19. Di sisi lain, ia juga khawatir akan adanya ancaman terhadap bangsa dari situasi global ke depan.

“Nah ini juga harus dihitung betul, apakah momentumnya (Pemilu 2024) tepat dalam era kita tengah berupaya melakukan recovery bersama terhadap situasi ini. Dan antisipasi, adaptasi terhadap ancaman global seperti ekonomi, bencana alam, dan seterusnya,” ungkap politikus asal Partai Golkar itu.

Bamsoet juga merespons hasil survei Poltracking Indonesia terkini yang menunjukkan hasil positif tingkat kepuasan publik terhadap pemerintah.

Dalam survei Poltracking Indonesia November 2022 menyebut tingkat kepuasan publik terhadap pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin berada pada 73,2 persen.

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan