Dituding Awasi Yosua, Ricky Singgung Penglihatan Menembus Tembok

- Hukum
  • Bagikan
Ricky Rizal saat tiba di PN Jakarta Selatan, Selasa, 24 Januari 2023. (Foto: Inilah.com)

HERALD.ID, JAKARTA – Selasa, 24 Januari 2023. Ricky Rizal membacakan pleidoi. Dia menyinggung soal penglihatan super menembus tembok dalam nota pembelaannya itu. Di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Ricky tegas menolak tudingan mengawasi Yosua yang dilontarkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada persidangan lalu.

Ricky awalnya membeberkan tentang perayaan ulang tahun pernikahan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi yang penuh sukacita di rumah singgah Magelang, Jawa Tengah, Kamis, 7 Juli 2022 lalu.

Namun ia tak menyangka, tak berselang lama dari perayaan tersebut, terjadi peristiwa yang membuatnya terseret dalam kasus pembunuhan Yosua.

Kemudian, Ricky memberi penjelasan soal dirinya yang disebut memantau Brigadir J, sejak perjalanan dari rumah singgah Magelang hingga rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jaksel. Ia lalu melontarkan bantahan.

“Dalam berkas surat tuntutan tidak pernah menyebutkan perintah pengawasan dan pengawalan disampaikan oleh siapa kepada siapa, serta kapan perintah itu disampaikan. Dimulai dari pembagian tempat duduk saat berangkat ke Jakarta yang tidak didukung satu pun keterangan saksi atau bukti,” ungkap Ricky dalam persidangan.

Lalu, ketika tiba di rest area tol, Ricky mengaku tidak dengan sengaja mengawal dan mengawasi Yosua. Sebagai contoh, dia disebut mengawasi Yosua saat pergi ke toilet. Ricky menampiknya. Sebab, Ricky meyebut, keberadaan mereka di rest area itu merupakan usulan dirinya, bukan keinginan Yosua.

“Jika memang harus diawasi, maka semestinya saya tidak boleh melepaskan pengawasan saya ketika di Saguling (rumah pribadi Ferdy Sambo) dipanggil oleh Bapak Ferdy Sambo,” ujarnya berurai air mata di muka persidangan.

Ricky selajutnya kembali membantah pernyataan JPU tentang dirinya mengawasi Yosua ketika sudah berada di rumah dinas Ferdy Sambo di Kompleks Polri, Duren Tiga, Jaksel. Menurut dia, tudingan jaksa itu tak masuk akal. Pasalnya, ujar Ricky mengungkapkan, dia tidak segera masuk ke rumah dinas lantaran masih harus memutar balik mobil yang dia kemudikan sejak dari Magelang.

“Saya tidak segera masuk karena harus memutar balik mobil yang akan digunakan Ibu Putri (Putri Candrawathi) kembali ke Saguling setelah hasil (tes) PCR keluar,” ungkapnya seperti dilansir dari Inilah.com.

Saat itulah, Ricky menyinggung soal kekuatan penglihatan super. Sebab, Ia mengaku berada dalam mobil dan tidak memiliki penglihatan super yang mampu menembus pagar rumah untuk memastikan keberadaan Nofriansyah Yosua Hutabarat.

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan