DPR Minta Program Prioritas Kemenpora Dipangkas

- Olahraga
  • Bagikan
Menpora Zainuddin Amali

HERALD.ID, JAKARTA—Anggota Komisi X DPR RI Ferdiansyah mengusulkan pemangkasan program prioritas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Tahun 2023, yang sebelumnya terdiri dari lima program menjadi empat program.

Ferdiansyah menyampaikan usulan itu dalam Rapat Kerja Komisi X dengan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali di Ruang rapat Komisi X, Gedung Nusantara I, DPR RI Senayan, Jakarta, Selasa (31/1/2023)

Dengan pemangkasan itu, ia berharap Kemenpora bisa menjadi lebih fokus untuk meningkatkan kualitas dengan memperbaiki tata kelola pelaksanaan program yang dicanangkan.

“Pak Zainudin Amali mengangkat (program prioritas Kemenpora) ada lima, tapi menurut kami cukup empat saja. Di mana menyangkut 4 hal pokok (berupa) akses, kualitas, tata kelola, dan relevansi. Sehingga, secara konkret, melalui forum ini, kami mengusulkan program prioritas Kemenpora cukup empat saja” katanya dikutip dari dpr.go.id.

Politisi dari Fraksi Partai Golongan Karya itu menilai, program strategis itu harus memiliki dampak yang langsung terasa oleh masyarakat Indonesia.

Sehingga, baginya, kualitas program lebih baik diutamakan dibandingkan kuantitas program. “Intinya Kemenpora sudah membuka pintu, memang sasarannya (menjadi) tidak banyak, tapi tinggal kualitasnya dinaikkan,” pungkasnya.

Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali di depan dewan memaparkan lima program prioritas Kemenpora tahun 2023 di antaranya pertama memperbaiki tata kelola kelembagaan, kompetensi ASN, penyederhanaan regulasi, penyesuaian birokrasi, dan peningkatan kecepatan pelayanan publik; kedua, pelayanan pemuda untuk menjadi kreatif, inovatif, mandiri, dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan.

Lalu, ketiga, penguatan ideologi Pancasila dan karakter serta budaya bangsa di kalangan pemuda; keempat, pemassalan dan pemasyarakatan olahraga yang menimbulkan kegemaran untuk hidup lebih sehat dan bugar di kalangan masyarakat. Terakhir, kelima, pembinaan usia dini dan peningkatan prestasi atlet yang terencana dan berkesinambungan.

Sementara itu, Anggota Komisi X DPR RI Andreas Hugo Pareira meminta kesungguhan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk lebih sistematis sekaligus detail dalam merancang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

Baginya, aspek ini vital lantaran desain tersebut mengatur sistem hulu hingga hilir olahraga di Indonesia. Di mana, tujuannya adalah membina para atlet dari berbagai cabang olahraga yang tangguh ke tingkat internasional. 

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan