Menginspirasi, Ini 7 Potret Pria yang Berolahraga dan yang Malas Bergerak dalam 10 Tahun

- Kesehatan
  • Bagikan
ILUSTRASI. Salah satu yang terjadi pada diri seseorang jika dalam waktu 10 tahun tidak berolahraga atau tidak beraktivitas fisik.

HERALD.ID — Apa bedanya orang yang rutin olahraga dan yang tidak berolahraga? Sebuah video menggugah kesadaran orang-orang untuk aktif bergerak setiap hari.

Berolahraga tidak mesti mengikuti pakem gerakan olahraga secara umum. Bagi petani, pekebun, atau tukang, pekerjaannya sudah menjadi olahraga tersendiri.

Saat memiliki waktu luang, beberapa orang justru memilih rebahan atau duduk santai. Padahal, jarang atau sama sekali tidak olahraga dapat berisiko terhadap perburukan kesehatan dan merupakan salah satu faktor risiko kematian dini pada manusia.

Sebuah penelitian yang diterbitkan The Lancet, tidak aktif bergerak lebih menyebabkan lebih banyak kematian, dibandingkan dengan kebiasaan merokok atau penyakit diabetes.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang tidak fit, memiliki risiko kematian dini 500 persen lebih tinggi. Ada beberapa dampak negatif yang bisa terjadi bagi orang jarang berolahraga.

Dimulai dari kesulitan tidur. Orang yang tidak berolahraga atau jarang beraktivitas fisik sering mengalami susah tidur. Susah tidur atau tidak memiliki tidur yang berkualitas mungkin bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Namun, jika kondisi tersebut terjadi cukup sering, kesehatan Anda mungkin akan memburuk karena kurangnya tidur yang berkualitas.

Susah tidur dapat menyebabkan seseorang mengalami penambahan berat badan, diabetes, penyakit jantung, imunitas menurun, gangguan mood, susah berkonsentrasi, hingga kecelakaan saat berkendara.

Sementara itu, aktivitas fisik seperti membersihkan halaman, berkebun, mengayuh sepeda, lari yang dilakukan di luar ruangan dapat menjadi pendorong agar Anda lebih mudah terpejam dan memiliki tidur yang berkualitas.

Berolahraga juga membantu kinerja jantung agar lebih efisien dalam memompa darah. Jika kita tidak berolahraga, seiring waktu kebugaran organ kardiovaskular dan pernapasan akan menurun.

Silahkan kirim ke email: redaksi@herald.id.
Stay connect With Us :
  • Bagikan