Mentan SYL Tak Diundang dalam Rapat Bahas Beras yang Dipimpin Jokowi, Tanda-Tanda Rabu Pon?

- HeraldNews
  • Bagikan
Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo

HERALD.ID — Isu reshuffle kabinet makin hangat. Hari ini, Selasa 31 Januari 2023, Presiden Jokowi memimpin rapat membahas beras di Istana Kepresidenan, Jakarta.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo tidak diundang dalam rapat tersebut. Padahal, Kementerian Pertanian adalah pihak yang berwenang dalam penyediaan beras nasional.

Dalam rapat terbatas tersebut hanya tampak Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan; Kepala Badan Urusan Logistik, Budi Waseso (Buwas); dan Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo.

Usai pertemuan, Budi Waseso membenarkan bahwa hanya mereka bertiga yang diundang.

Dia menduga, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo tak diundang sebab rapat itu fokus membahas penyaluran beras. Bukan produksi beras yang menjadi tugas Kementerian Pertanian.

“Ini kan soal penyaluran. Soal operasi pasar,” kata Buwas, sapaan akrab Budi Waseso, usai rapat.

Buwas menjelaskan peran ketiga pihak yang ikut dalam rapat tersebut. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan bertanggung jawab tentang stabilitas harga beras.

Sementara Arief hadir sebagai pihak yang akan menganalisis kebijakan terkait pangan. Bulog sendiri bertugas untuk mengumpulkan dan menyalurkan beras kepada masyarakat.

Ketika ditanyakan apakah ketidakhadiran Mentan SYL ada kaitannya dengan rencana reshuffle kabinet, Buwas mengelak. “Saya enggak tahu. Enggak, enggak, enggak ada hubungannya,” kata mantan wakil kepala Polri itu.

Nama Syahrul ada di antara tiga nama menteri yang masuk daftar reshuffle. Dua di antaranya dari Partai NasDem. Selain SYL juga Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar.

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan