Jarang Disadari, Ini Beberapa Kesalahan Pakai Sunscreen

- Lifestyle
  • Bagikan
ILUSTRASI.

HERALD.IDPenggunaan sunscreen penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Lebih-lebih saat cuaca sedang terik-teriknya.

Hanya saja, tak semua orang tahu pakai sunscreen yang benar. Walhasil, alih-alih memberikan manfaat yang bagus bagi kulit, justru malah menyebabkan sebaliknya.

Makanya, biar perlindungan kulit lebih maksimal, beberapa kesalahan penggunaan sunscreen berikut ini sebaiknya dihindari.

  1. Pakai Sunscreen Saat Cuaca Panas Saja

Seringnya sunscreen ini memang dipakai saat bepergian di bawah terik matahari yang menyengat. Namun, tahukah kamu jika kebiasaan termasuk ternyata kurang tepat? Pasalnya, kulit tetap berisiko mengalami kerusakan akibat paparan sinar UV kendati cuaca sedang mendung atau berawan.

Maka yang benar adalah gunakan sunscreen setiap kali bepergian di siang hari, apapun kondisi cuacanya. Pastikan untuk menggunakannya sekitar 15 menit sebelum keluar, agar sunscreen dapat meresap ke dalam kulit terlebih dulu. Dengan begitu, kulit bisa terlindungi dari paparan sinar matahari secara optimal.

2. Mengombinasikan Sunscreen dengan Makeup

Mungkin kamu berpikir sunscreen ini seperti skincare pada umumnya, yang bisa dikombinasikan penggunaannya dengan makeup. Nyatanya, jangan sekali-kali melakukannya, karena justru akan membuat kandungan sunscreen terpecah saat bercampur dengan skincare maupun makeup.

Melansir laman Fimela, yang benar adalah gunakan sunscreen ini sekitar 15 menit hingga produknya benar-benar menyerap ke kulit. Oleskan secara terpisah. Jadi, jangan dijadikan satu rangkaian dengan penggunaan skincare maupun makeup.

3. Mengoleskan Sunscreen Tak Merata

Sebenarnya, tak ada produk sunscreen yang benar-benar mampu melindungi kulit dari sinar matahari secara 100%, termasuk sunscreen dengan nilai SPF tinggi. Hal ini karena sunscreen akan luntur atau hilang saat berkeringat maupun terkena air. Jadi, jangan pakai sunscreen di bagian tubuh tertentu saja.

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan