Puluhan Warga Desak PT Vale Hentikan Aktivitas Tambang Nikel: Kami Dibodohi

- Regional
  • Bagikan
Dampak tambang nikel PT Vale Indonesia

HERALD.ID Puluhan masyarakat Desa Asuli, Kecamatan Towuti, melakukan demonstrasi di Jalan utama Malili-Sorowako, Rabu, 1 Februari 2023.

Masyarakat menuntut PT Vale Indonesia menghentikan aktivitas tambang nikel di area ferrari hiels atau quari, karena telah memberi dampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat.

Dari video berdurasi dua menit empat puluh satu detik yang tim redaksi peroleh dari warga setempat, puluhan masyarakat Asuli, yang didominasi perempuan menutup jalan dan meneriakkan kekecewaan terhadap CEO PT Vale Indonesia, yang tak kunjung memenuhi janjinya untuk melindungi masyarakat dari dampak tambang nikel.

Bahkan mereka meminta agar menejemen PT Vale Indonesia untuk tinggal di tempat mereka agar melihat dan merasakan debu, longsor dan lumpur yang mencemari air baku mayarakat.

“Kami masyarakat setempat dibodohi. Selama tambang beroperasi di sekitar pemukiman kami, kami merasakan bising, debu, longsor. Kalian coba tinggal di quari, satu bulan saja. apakah kalian bisa merasakan tidur enak, tidak. Kami punya anak kecil, sakit setiap hari, batuk dan beringus,” teriak seorang perempuan didalam video tersebut.

Aksi demonstrasi di Jalan Poros Malili – Sorowako

Selain itu, masyarakat juga meminta PT Vale untuk bertanggungjawab atas kerusakan kebun merica masyarakat yang disebabkan oleh penambangan nikel. Masyarakat pun melakukan aksi protes untuk menuntut hak mereka.

“Walaupun teman-teman datang kesini untuk menuntut, tapi kami yang terdampak langsung ini hanya hak kami yang kami minta, tapi tidak ada tanggapannya (PT Vale Indonesia) pak,” jelas Sombe, salah satu warga Asuli yang juga melakukan demonstrasi.

Sementara di tempat terpisah, Direktur WALHI Sulsel, Muhammad Al Amin, mengatakan bahwa protes masyarakat ini adalah akumulasi kemarahan warga yang sudah lama mereka pendam.

Hal ini dipicu oleh besarnya dampak lingkungan dan gangguan kesehatan yang dialami masyarakat Desa Asuli, akibat aktivitas tambang nikel PT Vale Indonesia.

Menurun Al Amin, ketika pihaknya mengunjungi dan berdiskusi dengan masyarakat Desa Asuli, warga menceritakan bahwa kebun-kebun merica masyarakat sudah dirusak oleh PT Vale.

Editor: M. Ikhsan
Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan