Ini Pernyataan Lengkap Egianus Kogeya Terkait Penyanderaan Pilot Susi Air: Kami Mengulang Sejarah Tim Lorenz 96

- Peristiwa
  • Bagikan
Egianus Kogeya dan anggotanya. (foto: Facebook TPNPBNews)

Selain itu, TPNPB-OPM juga kata Sebby akan bersurat ke negara asal Philips, Selandia Baru. Mereka juga menuntut Selandia Baru bertanggung jawab.

“Nanti Ketua Dewan diplomatic TPNPB OPM Akan kirim surat ke pemerintah New Zealand. New Zealand, Australia, Eropa, Amerika mengirim senjata kepada TNI-Polri, melatih mereka untuk membunuh orang asli Papua selama 60 tahun,” kata Sebby.

Sementara itu, saat ini TNI-Polri menerjunkan Tim Gabungan Operasi Damai Cartenz untuk mencari pilot Susi Air itu. Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan pencarian masih berlangsung.

Hal senada diungkap Danrem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring. Saat ini, tim gabungan TNI dan Polri, sedang melakukan pencarian terkait posisi pilot Susi Air, penumpang dan 15 orang pekerja bangunan, yang diduga disandera di kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.

Menurut Danrem 172/PWY Brigjen TNI JO Sembiring, Rabu, 8 Februari 2023, pihaknya saat ini sedang berkoordinasi untuk melakukan pencarian dan menyelamatkan mereka.

“Tim gabungan sedang melakukan langkah-langkah taktis dan teknis untuk mencari serta menyelamatkan pilot serta masyarakat,” kata JO Sembiring seperti dilansir dari inilah.com.

KKB merupakan satu kelompok bersenjata, selain melakukan teror ke masyarakat sipil juga ke aparat keamanan.

Sebelumnya Komandan Satgas Damai Cartenz Kombes (Pol) Faizal Rahmadani secara terpisah mengaku, Distrik Paro, Kabupaten Nduga merupakan basis dari KKB pimpinan Egianus Kogoya.

“Egianus dan kelompoknya termonitor sudah enam bulan berada di Paro dan di wilayah itu memang tidak ada aparat keamanan,” jelas Faizal.

KKB pimpinan Egianus, dilaporkan menyandera 15 pekerja bangunan yang sedang membangun puskesmas di Paro, dan Selasa, 7 Februari 2023 pagi dilaporkan membakar pesawat jenis Pilatus Porter milik Susi Air dengan nomor penerbangan PK-BVY dengan pilot Philip Merthens berkebangsaan Selandia Baru.

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan