HERALD.ID, JAKARTA—Anggota Komisi I DPR RI Christina Aryani yakin TNI bersama Polri bisa membebaskan pilot Susi Air yang sampai saat ini disandera kelompok KKB di Papua.

Menurutnya, TNI memiliki strategi yang baik dan terukur agar pendekatan persuasif yang dilakukan berhasil dengan baik tanpa adanya korban jiwa.

Ia juga mengatakan DPR RI memberikan dukungan moral untuk TNI di lapangan, yang bersama Polri sedang mengupayakan pembebasan pilot Susi Air.

“Tentu kami optimis berbekal pengalaman dan latihan selama ini, tugas pembebasan bisa diselesaikan dengan baik pada waktunya,” lata Christina dalam keterangan tertulisnya.

Christina menjelaskan, langkah pemerintah dan juga Panglima TNI untuk mengedepankan pendekatan persuasif dalam penanganan sandera di lapangan sudah sangat tepat.

“Kuncinya memang persuasif. Jangan sampai jatuh korban yang hanya menimbulkan efek dan dampak buruk bagi solusi masalah Papua,” imbuh Christina.

Ia juga mengomentari video dari kelompok KKB bersama pilot Susi Air yang beredar luas. Christina mengatakan, itu tidak perlu memancing respons berlebihan.

“Tidak perlu membangun narasi atau reaksi yang berlebihan. TNI saya sangat yakin mampu mengelola situasi dengan baik. Kita sama-sama berharap operasi pembebasan Pilot Susi Air berhasil dengan baik,” pungkas Christina. (*)