HERALD.ID – Bulan Ramadan bisa menjadi jalan untuk memulai kembali hidup sehat. Salah satu caranya adalah dengan membuat perubahan sederhana pada pola makan.

Saat ramadan, kita dapat mencapai prinsip makan sehat sebagaimana ditentukan oleh berbagai peneliti, dokter, dan ahli gizi. Berikut enam tips untuk menjaga kesehatan jelang Ramadan,

Pertama, Ganti minyak goreng yang tidak sehat, seperti kanola, jagung, dan minyak nabati lainnya dengan minyak sehat seperti minyak kelapa dan mentega. Di sini kita berbicara tentang minyak goreng, kita tidak bisa memanaskan minyak zaitun. Minyak ini tidak hanya menyebabkan peradangan, tetapi juga menyebabkan oksidasi, semua penanda klinis untuk gangguan autoimun, diabetes tipe dua, dan kanker.

Kedua, Ganti cara memasak yang tidak sehat dengan cara yang sehat. Daging dan sayuran yang terlalu matang membuat mereka sangat sulit dicerna karena semua enzimnya matang. Sebagian besar nutrisi juga dimasak.

Ketiga, kurangi makanan berwarna Putih keluar, dan pilih warna coklat. Artinya, hindari nasi putih, gula dan tepung. Ganti nasi putih dan pasta dengan nasi merah dan pasta nasi merah.

Pasta putih dan nasi juga bersifat inflamasi dan penting untuk menguranginya dalam kondisi seperti gangguan autoimun, yang merupakan penyebab kematian terbesar keempat setelah kanker, penyakit jantung, dan stroke. Nasi putih juga merupakan zat dengan indeks glikolat tinggi dan harus dihindari oleh orang yang menderita hipoglikemia, sindrom X dan kedua jenis diabetes.

Keempat, Tambahkan garam laut, rumput laut, dan astragalus ke dalam air rebusan agar lebih bergizi. Kelima, Hentikan minum soda, teh hitam, dan kopi, semuanya bersifat diuretik.

Ramadan bukan tentang makan, bertentangan dengan praktik populer, dan berfungsi untuk mengingatkan kita bagaimana rasanya lapar dan memberi tubuh istirahat dari terus mencerna makanan.

Jangan menghabiskan seluruh waktu kita di dapur. Jika tidak hamil, sebisa mungkin untuk tidak memasak daging selama sebulan penuh.

Ucapkan bismillah, lakukan dzikir atau tasbih atau doa saat kita menyiapkan makanan dan perkuat makanan anda dengan berkah Allah. (ika/aboutislam) *