HERALDSULSEL.ID, ENREKANG – Tokoh politik Sulsel, Dr Ilham Arief Sirajuddin (IAS) mengisi roadshow jelang Ramadan dengan berziarah ke makam kakek dan buyutnya, di Kecamatan Anggeraja Enrekang, Senin sore, 13 Maret 2023.

IAS bersama keluarga dekatnya tiba di Enrekang sore. Setelah santap siang di Rumah Makan Ibu Hadi di Kompleks Pasar Cakke, sosok yang dijuluki Bapak Pembangunan Kota Makassar itu berziarah di makam kakeknya, Jallo Puang Sadda di Pemakaman Umum Magugu, Desa Tampo, Anggeraja.

Jallo mempersunting Sita, yang kemudian melahirkan ibunda IAS, St Johra. Kuburan dari nenek IAS itu kini sudah dipindahkan ke Gowa.

Almarhumah Sita adalah anak dari Puang Simpajo buah kasih dengan Nenek Canggai. Nah, Puang Simpajo adalah bangsawan duri yang berjuluk Baso Malua. Masih saudara dengan Iye’na Sinada’ Puang Kali Sossok.

“Ziarah kubur ini memang tradisi keluarga. Apalagi jelang Ramadan. Sekalian pulang kampung untuk saling mendoakan memasuki Bulan Ramadan,” ujar kakak perempuan IAS, Nurhayati Sirajuddin, usai berziarah di makam Puang Simpajo Baso Malua di Desa Pekalobean, Kecamatan Anggeraja.

Ziarah kubur itu diwarnai doa dipimpin Ustaz Erwin Baharuddin. Juga hadir sejumlah keluarga besar IAS serta adik IAS, Hendra Sirajuddin.

Sosok yang akrab disapa GubernurKu itu kembali menggarap dapil Sulsel 3 sepekan penuh.

Empat kabupaten yang menjadi fokus sasaran wali kota Makassar 2004-2014 itu adalah Sidrap, Wajo, Enrekang, dan Toraja Utara.

Roadshow politik jelang Ramadan ini dimulai Senin, 13 Maret dan dijadwalkan berakhir Sabtu 18 Maret mendatang.

“Seperti Bone, saya lagi-lagi hanya pulang kampung ke Enrekang,” ujar IAS kepada wartawan, Senin 13 Maret.

Perhatian sosok yang dijuluki Bapak Pembangunan Kota Makassar itu kepada dapil 3 terbilang tinggi. Roadshow politik pekan ini ibarat etape ke 2 roadshow dapil 3.

Maklum, pada pengujung Januari tahun ini, IAS yang sukses merevitalisasi Pantai Losari dan Lapangan Karebosi tanpa membebani APBD itu juga menggarap Luwu Raya selama sepekan penuh. Empat kabupaten yang masuk wilayah Luwu Raya itu terhitung wilayah Dapil 3.

Lalu, pada pertengahan Desember tahun lalu, sosok yang dinobatkan sebagai 10 Tokoh TEMPO pada tahun 2008 itu ternyata juga menggarap Enrekang-Toraja empat hari penuh.

“Kan mau masuk puasa. Wajarlah kalau pulang kampung,” kelit IAS saat dicecar soal perhatian besarnya ke Dapil 3. (rls/asw)