HERALD.ID,JAKARTA — Pelatih Arema FC, Joko Susilo, sedang bahagia. Dia akhirnya merasakan kemenangan perdana bersama Singo Edan.

Arema FC sukses mengalahkan Persikabo 1973 pada pekan ke-31 Liga 1 2022/2023 di Stadion PTIK, Melawai, Jakarta Selatan, Minggu 19 Maret 2023. Sempat tertinggal gol dari Persikabo 1973, Arema FC akhirnya menang dengan skor 3-1.

Tiga gol Arema FC dicetak Dedik Setiawan, Rizky Dwi, dan Gian Zola. Sementara satu gol Persikabo 1973 dibukukan Dimas Drajad.

Usai laga, Joko Susilo bersyukur atas kemenangan melawan Persikabo 1973. Sebelumnya, ia gagal membawa Arema FC menang saat berjumpa Dewa United dan Persis Solo karena hanya mampu bermain imbang.

“Alhamdulillah atas kemenangan ini. Ini sangat penting bagi pemain Arema FC. Mereka konsisten untuk belajar kerja keras, penuh motivasi. Terima kasih juga kepada rekan-rekan pelatih yang sangat mendukung dalam kemenangan ini,” kata Joko Susilo.

Arema FC sempat tertinggal gol terlebih dahulu di babak pertama dari Persikabo 1973. Pelatih yang akrab disapa Gethuk mencoba melakukan pergantian pemain hingga akhirnya bisa menyamakan kedudukan.

Joko Susilo membenarkan pada babak pertama, permainan Arema FC lebih sering ofensif. Hingga akhirnya Persikabo 1973 terus menekan dan sukses mencetak satu gol.

“Nah babak kedua kami harus melakukan perubahan karena pertahanan Persikabo 1973 sangat rapat. Pergantian pemain ini juga tidak lepas dari kinerja tim analis kami. Saya pun mengucapkan terima kasih kepada mereka,” kata Joko Susilo.

Pelatih Persikabo 1973, Aidil Shahrin, mengatakan, pada babak pertama permainan anak-anak asuhnya cukup baik. Persikabo 1973 bisa menguasai pertandingan hingga akhirnya dapat satu gol.

Pada babak kedua, ia sudah memprediksi bahwa Arema FC akan bermain menyerang. Pelatih asal Singapura itu menilai anak-anak asuhnya bermain baik sebelum akhirnya Arema FC mendapatkan penalti.

“Para pemain kami ada yang emosi. Mereka tidak bisa kontrol pertandingan. Itu jadi penurunan permainan kami. Untuk penalti, tanya saja ke Arema FC. Terpenting pemain saya sudah berikan yang terbaik,” kata Aidil.

Aidil mengakui usai Persikabo 1973 unggul, mereka terus mendapatkan tekanan dari tuan rumah. Menurutnya ini hal yang lumrah dalam dunia sepak bola.

“Ya itu biasa di sepak bola. Jika kami memimpin 1-0 pasti ada tekanan. Arema FC sudah tertinggal satu gol dan mereka bermain menyerang. Kami akui ada tekanan di sana,” tutup Aidil.

Tiga poin yang didapatkan Arema FC membuat mereka kini berada di posisi ke-10 klasemen sementara Liga 1 2022/2023 dengan mengemas 37 poin. Sementara Persikabo 1973 berada di posisi ke-13 dengan 35 poin. (mak)