HERALD.ID, JAKARTA—Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, mengeluarkan peringatan keras termasuk ancaman degradasi kepada tim jelang laga pamungkas BRI Liga 1 2022/2023. Ultimatum terutama ini ditujukan kepada tim yang memperebutkan tempat kedua, yaitu Persija Jakarta dan Persib Bandung.

Hal itu ditegaskan Ketum PSSI untuk mencegah terjadinya manipulasi hasil dalam pertandingan. Etho, sapaan Menteri BUMN itu menegaskan bahwa ia tidak akan main-main jika salah satu atau bahkan kedua tim terbukti melanggar fair play demi meraih posisi yang membawa mereka ke babak playoff AFC Cup 2023.

“Saya, Pak Zainudin (Amali), dan Exco (PSSI) memiliki komitmen untuk sepak bola yang bersih dan berprestasi. Jadi, jika ternyata ada praktik manipulasi dalam liga, hukumannya akan sangat berat,” tegas Etho di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (14/4/2023) dikutip dari Inilah.com.

Mantan Presiden Inter Milan itu menjelaskan beberapa hukuman yang bisa dijatuhkan PSSI kepada pihak yang terbukti melakukan pelanggaran. Termasuk kemungkinan didegradasi ke kompetisi kasta di bawahnya.

“Wasit dan pemain yang terlibat bisa dihukum seumur hidup, sementara klubnya bisa didegradasi. Kita sudah memiliki komitmen itu. Kami ingin menciptakan sepak bola yang bersih dan berprestasi,” tegasnya.

PSSI sendiri akan melakukan pengawasan ketat untuk laga pamungkas Persija maupun Persib. Persib Bandung akan melakoni pertandingan terakhir di Liga 1 2022/2023 pada Sabtu (15/4/2023), menjamu Persikabo Bogor di Stadion Pakansari, Cibinong. Sementara, Persija Jakarta akan tampil di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) saat menjamu PSS Sleman pada hari dan jadwal yang sama.

“Sekarang era modern, pertandingan bisa direkam dan diulang. Kita akan deteksi jika ada permainan yang tidak fair. Kedepannya, kita harap tidak ada lagi praktik seperti itu,” harap Etho.

Indonesia memiliki tiga slot di kompetisi Asia 2023/2024. Klub-klub tersebut akan berpartisipasi dalam playoff Liga Champions Asia, fase penyisihan grup Piala AFC, dan playoff Piala AFC.

Fase playoff Piala AFC akan diserahkan kepada klub peringkat kedua Liga 1 2022/2023. Saat ini, Persija berada di posisi kedua dengan 63 poin, sedangkan Persib di posisi ketiga dengan selisih satu angka.

Seandainya kedua tim meraih poin maksimal di pertandingan pamungkas, Persija akan berhak atas posisi kedua dan tampil di playoff AFC Cup. (*)