Penerapan Sistem One Way Diperpanjang dari KM 68 Tol Jakarta Cikampek sampai KM 414 Tol Kalikangkung

- Nasional
  • Bagikan
Penerapan sistem one way dan contra flow saat arus mudik lebaran. Foto: tribratanews.polri.go.id

HERALD.ID, JAKARTA – Diskresi penerapan sistem one way (satu arah) di jalan tol diperpanjang jangkauannya.

Penerapan one way mulai, Rabu (19/4) diperluas mulai KM 68 Jalan Tol Jakarta-Cikampek sampai KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

Lisye Octaviana, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga, sebelumnya one way diterapkan mulai dari KM 72 Cikopo hingga KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung, sejak Selasa (18/4) siang.

Kemudian pada Rabu siang, one way diperpanjang jalur nya dari KM 68 Jalan Tol Jakarta-Cikampek sampai KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung.

Menurut Lisye, perpanjangan jalur one way dilakukan atas dasar pertimbangan data volume lalu lintas kendaraan yang meningkat signifikan dari arah Jakarta menuju ke arah timur.

Untuk memaksimalkan kapasitas transaksi di GT Cikampek Utama menuju arah Cikampek saat pemberlakuan one way sejak pukul 12.00 WIB Jasa Marga telah mengoperasikan total 28 gardu tol.

Selain itu juga dilakukan penambahan 17 unit mobile reader untuk memaksimalkan transaksi pengguna jalan yang menuju arah Cikampek.

Seiring dengan dilakukannya perpanjangan jalur one way hingga start di KM 68, maka pengguna jalan dari Cikampek yang menuju arah Jakarta dialihkan ke Kota Bukit Indah untuk masuk kembali ke Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui GT Kalihurip 2.

Rekayasa lalu lintas lainnya yang berlaku di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek adalah contra flow satu lajur dari KM 36 sampai KM 47, yang dilanjutkan dengan contra flow dua lajur dari KM 47 sampai KM 68 sejak pukul 09.35 WIB.

“Kami imbau untuk pengguna jalan yang menuju arah Bandung melalui Jalan Tol Cipularang agar tidak mengambil lajur contra flow. Contra flow hanya diperuntukkan bagi pengguna jalan yang menuju arah timur melalui Jalan Tol Trans Jawa,” tuturnya.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan.

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan