HERALD.ID — Pria berinisial AS itu sempat menangis-nangis di rumahnya. Sudah lama dia menderita katarak. Tak disangka, dia mengambil keputusan yang mengejutkan.

AS (64) warga Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga. Dia ditemukan meninggal dunia akibat gantung diri dalam sumur, Selasa 30 Mei 2023.

Peristiwa tersebut diketahui pertama kali oleh tetangga korban saat hendak mengambil air di sumur.

Kapolsek Karangmoncol, Iptu Amirudin mengatakan warga meninggal akibat gantung diri berinisial AS (64) warga Desa Baleraksa, Karangmoncol, Purbalingga.

“Warga tersebut gantung diri di sumur milik tetangganya yang lokasinya 30 meter dari rumahnya,” jelasnya.

Peristiwa tersebut diketahui pertama kali oleh saksi bernama Kamsiah (68). Saat itu, Kamsiah hendak menimba air di sumur miliknya, dan mendapati ada seorang pria dalam sumur keadaan tergantung.

“Saksi kemudian berteriak minta tolong hingga warga berdatangan. Peristiwa tersebut kemudian dilaporkan ke perangkat desa dan Polsek Karangmoncol,” katanya.

Polisi dari Polsek Karangmoncol bersama Inafis Polres Purbalingga yang datang kemudian melakukan pemeriksaan di TKP. Selanjutnya bersama personel BPBD dan warga mengevakuasi jenazah dari sumur.

Dilakukan juga pemeriksaan jenazah bersama tim medis dari Puskesmas Karangmoncol.

“Hasil pemeriksaan jenazah, tidak ditemukan tanda penganiayaan. Ditemukan ciri khas meninggal gantung diri,” ungkapnya.

Diduga warga tersebut nekat gantung diri akibat penyakit katarak yang tidak kunjung sembuh. Sebelum kejadian, istrinya mendapati korban sedang menangis dan mengeluh soal penyakit yang dideritanya.

“Setelah dilakukan pemeriksaan kemudian jenazah korban diserahkan pihak keluarga untuk dimakamkan,” ujarnya. (*)