HERALD.ID, JAKARTA – Ganjar Pranowo mengaku yakin jika Partai Amanat Nasional (PAN) bakal mengusung dirinya sebagai capres pada kontestasi Pilpres 2024.

“Sejak diumumkan saya percaya diri, dan begitu banyak dukungan menurut saya jauh lebih bagus,” katanya di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jumat (2/6/2023).

Hal itu disampaikannya usai pertemuan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri untuk bersilaturahmi dan membahas penjajakan kerja sama politik pada Pilpres 2024.

Dikatakan Ganjar, dalam pertemuan tersebut berlangsung pembicaraan yang cukup panjang sehingga tidak hanya sekedar menyoal Pilpres 2024 belaka.

“Tapi cerita aliansi yang jauh lebih strategis, dan menurut saya itu bagus. Sehingga ke depan politik Indonesia tidak hanya pragmatis, tapi bisa menyiapkan apa yang bisa kita perbuat untuk kemaslahatan bangsa negara,” ujarnya.

Untuk itu, Ganjar optimistis bahwa PAN pada akhirnya akan memberikan dukungan kepadanya untuk maju sebagai bakal capres pada Pilpres 2024.

“Insyaallah,” kata Gubernur Jawa Tengah itu.

Ganjar pun merespon singkat terkait perjodohan dirinya dengan Menteri BUMN Erick Thohir pada Pilpres 2024 sebagaimana yang diusulkan oleh PAN.

Dia memberi impresi sejumlah nama yang disodorkan untuk mendampinginya memiliki kualifikasi baik, termasuk Erick Thohir.

“Oh, semua (tawaran bakal calon wakil presiden) baik dari list yang ada,” ucapnya.

Ganjar juga tak menampik banyak nama hebat yang muncul untuk diusulkan mendampinginya. “Banyak list nama-nama yang hebat di republik ini. Kita tinggal duduk bersama sambil ngopi. Bicara lebih panjang tentang negeri ini,” katanya.

Dia pun mengatakan sejumlah nama itu masih dalam proses pembahasan, serta perlu melakukan pembicaraan untuk menemukan kecocokan.

“Dan di antara mereka pasti ada kecocokan. Kata Bu Mega kan, tidak banyak, pasti hanya satu. Maka kita mesti bicara,” kata Ganjar.