HERALD.ID, JAKARTA—Penyanyi muda Tiara Andini merilis sebuah single baru berjudul “Tega”. Itu memberikan kejutan kepada para penggemarnya lantaran ia sebelumnya tidak pernah mengumumkan perilisan lagu baru ini.

Lagu tersebut dirilis pada Jumat (2/6/2023) pukul 00.00 WIB. Tiara sengaja tidak memberikan kabar tentang perilisan single ini terutama di media sosialnya. Alasannya, ia ingin memberikan kejutan yang spesial untukpara penggemarnya.

“Enggak ada alasan yang gimana-gimana sih, cuma mau ini dirilis tanpa ada pemberitahuan atau pre-release gitu. Jadi memang benar-benar surprise release aja,” kata Tiara dalam keterangan tertulis, Jumat (2/6/2023).

Lagu ini diciptakan sendiri oleh Tiara bekerja sama dengan musisi Andmesh Kamaleng. Mengusung genre musik pop ballad, ini merupakan lagu yang bercerita tentang kesedihan dari sebuah kisah cinta.

“Lagunya galau banget, ceritanya tentang seseorang yang diselingkuhi oleh  pasangannya, dan akhirnya memilih untuk berpisah, karena ya memang sakit hati dong, sedih sudah pasti,” kata Tiara bercerita tentang lagunya.

Untuk aransemennya, Tiara menggandeng salah satu musisi dan produser terbaik di Tanah Air, Tohpati. Dari awal intro lagunya sudah memberikan suasana yang sedih. Nada yang dipilih sangat baik dalam merepresentasikan kesedihan di dalam keseluruhan irama musiknya.

Meski lagu ciptaan sendiri, Tiara mengaku kesulitan membawakan lagu ini. Banyaknya nada yang tinggi menjadi salah satu kendala yang dihdapai dalam proses rekamannya.

“Lagunya agak susah karena banyak nada tinggi, dan itu butuh effort lebih aja sih. Untungnya semua bisa diselesaikan dengan baik,” ujarnya.

Musik video lagu “Tega” menyajikan konsep yang sangat menyentuh. Musik video ini dikerjakan oleh Prialangga sebagai sutradara, dan Gege Elisa serta Randy Martin sebagai pemeran utamanya, bersama Tiara. Konsepnya videonya seolah bercerita sesuai dengan setiap bait di lirik lagunya. Penonton akan mudah menerima pesan yang ingin disampaikan di dalam musik videonya.

Cerita dalam video ini, Tiara yang seolah sudah merencanakan pernikahan, namun di tengah jalan pasangannya ternyata mengkhianatinya dengan seseorang yang ia kenal, yang ternyata perancang busana pernikahanya sendiri. Di akhir video, Tiara tampak memberikan sebuah “kode” terhadap kelanjutan kisahnya.

Tiara berharap lagu ini dapat didengarkan dan dinikmati oleh banyak orang, dan dapat mewakili perasaan mereka yang tersakiti terhadap keadaan yang sama di lagu ini. “Mudah-mudahan banyak yang suka dan dengarkan, dan yang  relate dengan lagunya semoga mendapatkan solusi terbaik dari situasi yang dialaminya. Lagu ini seolah dapat mewakilinya,” ujar Tiara.

Lagu ini sudah tersedia di semua platorm layanan musik digital. Sementara, musik videonya sudah bisa ditonton di channel Youtube resmi Tiara Andini. (*)