HERALD.ID, MAKASSAR — Bernardo Tavares telah memanggil empat pemain dari akademi PSM Makassar untuk mengikuti trial menyambut kompetisi Liga 1 musim depan. Keempat pemain tersebut memiliki peluang untuk naik ke skuad tim senior.

PSM kembali melanjutkan latihan mereka dalam persiapan menghadapi kualifikasi playoff Liga Champions Asia (LCA) dan Liga 1 2023/2024. Wiljan Pluim dan rekan-rekannya melakukan sesi latihan di Stadion Kalegowa, Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel) sejak Kamis 1 Juni 2023.

Bernardo, yang dikenal suka memberikan kesempatan kepada pemain muda, juga memanggil pemain-pemain dari akademi PSM. Mereka adalah Ririn, Adrian, Yusuf, dan Ghazali.

Keempat pemain tersebut memiliki potensi untuk dipromosikan ke dalam skuad senior, menyusul langkah Ricky Pratama, Dzaky Asraf, Victor Dethan, dan Ananda Raehan yang baru saja dipromosikan musim lalu.

Febriyanto Wijaya, Direktur Akademi PSM, mengungkapkan bahwa keempat pemain ini diundang langsung oleh Bernardo Tavares. Namun, mereka masih dalam tahap trial di tim senior.

“Untuk saat ini, pelatih (Bernardo Tavares) sedang melihat secara perlahan-lahan. Permintaan ini langsung datang dari pelatih,” kata Febriyanto kepada detikSulsel pada Jumat (2/6/2023).

Febriyanto menjelaskan bahwa pemain-pemain yang dipanggil memiliki posisi yang berbeda-beda, mulai dari bek tengah, bek sayap, gelandang, hingga penyerang. Hal ini sesuai dengan kebutuhan Bernardo Tavares di timnya.

“Adrian adalah bek sayap, Yusuf berposisi sebagai bek tengah, Ririn adalah gelandang, dan Ghazali bisa bermain sebagai bek sayap serta penyerang,” paparnya.

Meskipun demikian, Febriyanto mengakui bahwa perjalanan keempat pemain muda ini untuk naik ke tim senior tidaklah mudah.

Sebagai juara Liga 1 musim lalu, Bernardo tentunya memiliki harapan yang tinggi terhadap pemain-pemain akademi yang diundang.

“Pemain yang naik ke tim senior dulu tidak memiliki status juara, jadi tentu ekspektasinya cukup tinggi. Sekarang, motivasi mereka juga semakin tinggi,” jelasnya

“Kita akan melihat apakah mereka memenuhi kriteria pelatih dan akan dipertahankan di tim senior. Jika tidak, mereka akan kembali ke tim U-20,” tutupnya. (*)