Kapal Perang Amerika dan Rusia Bertemu di Perairan Indonesia

- Aneka
  • Bagikan
Sejumlah kapal Angkatan Laut dari berbagai Negara saat menghadiri MNEK 2023 di Makassar.

HERALD.ID, MAKASSAR — Kapal Perang Angkatan Laut (AL) Amerika dan AL Rusia bertemu di Perairan Indonesia, tepatnya di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin 5 Juni 2023.

Diketahui, sejak tahun 2022 lalu, hubungan antara Rusia dan Amerika memanas. Sebab Amerika dituding ikut campur dalam konflik wilayah antara Rusia dan Ukraina.

Namun, kedatangan dua Armada negara Adidaya tersebut, untuk menghadiri Event internasional Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 yang ke-4 di Makassar mulai tanggal 5 hingga 8 Juni 2023, yang juga diikut oleh 36 negara lainnya.

Peserta MNEK adalah pasukan angkatan laut yang akan datang dengan menggunakan kapal perang. Para jenderal dari masing-masing negara sahabat juga akan hadir dalam acara ini.

Kesiapan kegiatan sudah dipastikan rampung melalui kolaborasi antara TNI Angkatan Laut (AL) dan Pemkot Makassar.

Pelaksanaan MNEK ini akan berpusat di beberapa lokasi, termasuk dermaga pelabuhan Soekarno Hatta, kawasan Center Point of Indonesia (CPI), pelataran Anjungan Pantai Losari, Lapangan Karebosi, dan beberapa lorong wisata di Makassar. Para peserta MNEK juga akan mengunjungi beberapa titik lainnya.

Adapun negara yang hadir yaitu, Amerika Serikat, Rusia, Australia, Brazil, Brunei Darussalam, Bangladesh, Cambodia, Canada, China, Chili, Fiji, India, Inggris, Jepang, Kenya.

Lanjut, Korea Selatan, Malaysia, Myanmar, New Zealand, Netherlands, Oman, Philippina, Pakistan, Perancis, Papua Nugini, Qatar, Singapura, Srilanka, Spanyol, Thailand, Turki, Timor Leste, United Kingdom, dan Vietnam. (*)

Silahkan kirim ke email: [email protected].
Stay connect With Us :
  • Bagikan