HERALD.ID, JAKARTA –-Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan dualisme kepemimpinan di Partai Demokrat bukan karena faktor internal pengurus di tubuh partai berlambang bintang mercy tersebut.

JK menegaskan, jika Moeldoko itu tidak pernah tercatat sebagai kader Partai Demokrat, jadi tidak bisa mengklaim Demokrat sebagai partainya.

Politikus Golkar itu mengatakan hal itu menanggapi proses hukum di Mahkamah Agung (MA) terkait gugatan yang diajukan kubu Moeldoko yang mengajukan novum atas putusan pengadilan sebelumnya yang mengesahkan Partai Demokrat kubu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

“Ada yang mengatakan soal Demokrat, Demokrat itu bukan masalah internal, Moeldoko itu bukan anggota Demokrat, kalau anggota dan pengurus berkelahi pernah, tapi Moeldoko bukan anggota Demokrat, tidak pernah menjadi pengurus Demokrat,” kata JK di acara Indonesia Lawyer Club.

JK dengan tegas menyatakan kalau masalah di Demokrat itu terjadi karena ada campur tangan dari pihak luar.

Ia pun khawatir, jika nantinya MA mengabulkan gugatan Moeldoko, maka nasib partai lain akan mudah dibubarkan dan berbahaya bagi alam demokrasi di Indonesia.

“(Demokrat) ini eksternal, ini harus mendapat perhatian, satu kali kejadian seperti ini, semua partai gampang dibubarkan, kalau campur tangan seperti ini dari eksternal kemudian masuk ke pengadilan berbahaya bagi demokrasi di Indonesia,” tutupnya. (*)

Sumber: Wartaekonomi.co.id